Moskow (ANTARA News) - Enam atlet putra Rusia dan dua pebalap sepeda putri dikenai sanksi karena melanggar aturan antidoping.

"Federasi Angkat Besi Rusia (RWF), berdasar keputusan RUSADA, memutuskan menghukum enam atlet karena penggunaan obat terlarang," demikian diumumkan badan anti-doping dalam laman mereka (www.rusada.ru), Selasa, seperti dilaporkan Reuters.

Evgeny Kolomiets dan Yury Selyutin dihukum 10 tahun, mulai Oktober 2013, karena mengulangi perbuatan terlarang itu.

Mikhail Reznitchenko, Tejmur Alekserov dan Dmitry Srybnyi dihukum dua tahun sedangkan Oleg Musokhranov dihukum tiga bulan, mulai 7 November 2013.

Pebalap sepeda Elena Bocharinkova dan Yana Bezrukova juga dihukum dua tahun mulai 10 Juli 2013, kata RUSADA tanpa memberikan keterangan terinci.

Pada April, RWF menghukum delapan lifter mereka karena menyalahi aturan antidoping.

Denis Shiryakov dihukum seumur hidup dan Maxim Matveyev selama empat tahun sedangkan enam lainnya dihukum dua tahun.

Rusia meningkatkan usahanya memerangi doping dalam beberapa bulan ini setelah mendapat kritik tajam dari badan antidoping internasional karena terlalu lemah dalam memerangi hal terlarang itu.

Beberapa tahun lalu, Federasi Angkat Besi Internasional mengancam negara itu tidak boleh mengikuti kejuaraan internasional setelah beberapa atlet Rusia ketahuan menggunakan obat terlarang.

(A008)



Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013