Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja memastikan para atlet Indonesia siap menghadapi dua turnamen penting menjelang Olimpiade Paris 2024, yakni Singapore Open dan Indonesia Open.

Menurut Ricky, meskipun pengumpulan poin kualifikasi Olimpiade sudah selesai, performa baik dari para atlet yang lolos tetap menjadi prioritas untuk mendapatkan status unggulan (seeded) pada panggung olahraga terbesar di dunia itu musim panas nanti.

“Saat ini prioritasnya adalah kondisi atlet dan mapping untuk seeded. Kita diskusikan dengan pelatih, tergantung dengan perhitungan poin yang perlu kita kejar,” kata Ricky saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu.

Peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu melanjutkan, perhitungan status seeded Olimpiade Paris yang berpeluang untuk didapatkan adalah dari sektor tunggal putra, yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

“Singapore Open yang merupakan (turnamen) Super 750 dan Indonesia Open yang level Super 1000, kita harapkan para atlet kita yang sudah lolos ke Paris bisa masuk ke final (di dua turnamen tersebut),” kata Ricky.

“Terlebih, Indonesia merupakan tuan rumah (Indonesia Open 2024), para atlet bisa meraih beberapa gelar. Untuk tunggal putra, poin mereka mendekati dan memungkinkan untuk meraih seeded (Olimpiade Paris),” ujarnya menambahkan.

Baca juga: PBSI buka suara terkait cedera Meilysa Trias Puspitasari

Persiapan para atlet yang akan berpartisipasi pada dua turnamen besar tersebut pun Ricky nilai sudah berjalan dengan baik dan merupakan ajang pembuktian dari perjalanan mereka hingga pertengahan tahun ini.

“Para pemain persiapannya sudah panjang dan tahu di mana (turnamen) mereka akan diturunkan. Kita harapkan tidak terjadi apa-apa (cedera). Persiapan khusus pastinya ada, tapi ini adalah proses panjang mereka,” kata Ricky.

Sementara itu, Singapore Open 2024 akan bergulir pada 28 Mei hingga 2 Juni, sedangkan Indonesia Open 2024 bakal berlangsung pada 4-9 Juni di Istora Senayan Jakarta.

Para pemain papan atas dunia yang sudah lolos ke Olimpiade Paris 2024 dipastikan untuk mengikuti kedua kejuaraan tersebut dan memiliki target perebutan seeded pada pesta olahraga musim panas mendatang.

Baca juga: Lanny berbagi kesan berpasangan dengan Ribka Sugiarto
Baca juga: PBSI soroti percepatan regenerasi menyusul penampilan atlet debutan


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024