Jakarta (ANTARA) - Tim nasional voli putra Kanada membungkam tuan rumah Turki dengan skor 3-1 (17-25, 25-23, 25-21 dan 25-21) pada pertandingan perdana pul 1 Volleyball Nations League 2024 yang berlangsung di Antalya Sports Hall, Antalya, Turki.

Kanada yang mampu tampil efisien dengan memanfaatkan servis ace yang mencatatkan 12 poin servis ace pada pertandingan ini, membungkam ratusan ribu pendukung Turki.

"Ini adalah waktu favorit saya tahun ini. Kami memiliki tim yang hebat dan saya pikir semua bisa melihatnya dengan cara kami bermain, kami suka kombinasi permainan antar satu sama lain. Tujuan kami di VNL adalah untuk meningkatkannya," ujar outside hitter Kanada, Stephen Mar dikutip dari Volleyball World, Rabu.

"Kami hanya ingin terus bermain voli yang bagus dan melihat seberapa tinggi kami bisa meningkatkan level kami. Kami banyak berkembang tahun lalu, mulai dari tidak tampil bagus di VNL hingga sukses di Kualifikasi Olimpiade. Kami memiliki kelompok muda dan saya merasa bahwa kami memiliki kesempatan untuk membuat langkah yang sangat besar lagi," tambah Maar.

Maar menjadi tulang punggung tim dengan mencatatkan 24 poin (19 pukulan dan lima servis ace). Selain itu sumbangan poin Kanada diperoleh melalui aksi middle blocker Lionel McCarthy yang menyumbangkan 14 poin (8 pukulan, tiga blok dan tiga servis aces).

Sementara itu di kubu Turki, Ramazan Efe Mandiraci an Adis Lagumdzija memimpin perolehan poin tim dengan masing-masing mencatatkan 21 poin (13 pukulan, enam blok dan dua servis ace) dan 17 poin (15 pukulan, satu blok dan satu servis ace).

"Kami sangat emosional pada set pertama karena mendapat banyak dukungan dari fans kami," komentar setter dan kapten Turki Arslan Eksi.

"Kanada mulai melakukan servis lebih baik pada set kedua dan itu menyamakan kedudukan. Kami seharusnya memenangkan set kedua ketika kami memiliki kesempatan. Kami perlu meningkatkan passing kami dan tim kami keluar, tetapi untuk pertandingan pertama di VNL, meskipun itu bukan awal yang baik, itu menunjukkan kami bisa berbuat lebih banyak," ujar Arslan Eksi.

Dengan kemenangan ini membuat Kanada menambah 6,86 poin dan bertengger di peringkat ke-12 dunia FIVB. Kemenangan ini juga membuat Kanada menyegel satu tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Sementara itu, Turki yang harus menelan kekalahan membuat mereka turun satu peringkat ke rangking 15 dunia FIVB.

Baca juga: Brasil sapu bersih kemenangan di pekan pertama VNL 2024
Baca juga: Lodz, Polandia kembali ditunjuk jadi tuan rumah babak final VNL 2024
Baca juga: 129 tahun silam, olahraga voli pertama kali ditemukan

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024