Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Dokter spesialis bedah plastik yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember (Unej) dr. Ulfa Elfiah menyebut bedah plastik akan mengubah penampilan lebih cantik dan mengatasi masalah kesehatan pasien yang bersangkutan.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unej menggelar seminar kecantikan dan kesehatan dengan mengangkat tema meningkatkan kualitas hidup perempuan untuk menuju keluarga sehat yang digelar di Gedung Soetardjo kampus setempat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu.

"Di era modern banyak orang menginginkan kecantikan secara instan, salah satunya melalui bedah plastik. Namun, tren itu tidak jarang membawa dampak negatif, terutama jika dilakukan oleh pihak yang tidak profesional," katanya dalam seminar.

Di era sekarang, kata dia, kodrat perempuan selalu ingin berpenampilan cantik dan sebagian perempuan memilih operasi plastik untuk mendapatkan kecantikannya.

Baca juga: Mahasiswa tampilkan kursi roda pintar di pameran pendidikan Unej

Baca juga: Unej pecahkan rekor gelar wisuda 10 kali dalam setahun


Ia menjelaskan bahwa bedah plastik tidak selalu mengerikan dan menakutkan asalkan dilakukan oleh profesional yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi yang mumpuni karena bedah plastik dapat menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan.

"Bedah plastik bukan hanya tentang mengubah penampilan, tetapi juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan," ucap pakar dari bidang bedah plastik rekonstruksi dan estetik spesialis luka bakar dan luka itu.

Ulfah mencontohkan face lift dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengurangi keriput seperti permasalahan kantung mata karena kantung mata yang sudah terlalu parah dapat mengganggu aktivitas karena tonjolan yang ditimbulkan dapat mengganggu pandangan, sehingga harus dilakukan tindakan operasi plastik.

"Tindakan operasi plastik lainnya abdominoplasty dapat membantu menghilangkan kelebihan lemak di perut, liposuction dapat membantu menyedot lemak di area tertentu dan masih banyak lagi," katanya.

Meskipun bedah plastik memiliki banyak manfaat, Ulfa menekankan pentingnya memilih dokter bedah plastik yang profesional dan berpengalaman karena saat ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan bedah plastik tanpa memiliki kualifikasi yang memadai, sehingga berakibat fatal bagi kesehatan dan estetika pasien.

Dekan Fakultas Kedokteran Unej itu memberikan tip sederhana untuk menjaga kecantikan agar senantiasa awet muda, seperti rajin menggunakan sunblock saat di luar maupun di dalam rumah, melakukan facial atau maskeran, mengurangi aktivitas yang menyebabkan penuaan seperti begadang, serta mengonsumsi buah dan vitamin untuk melawan radikal bebas.

"Saya menyarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak karena seiring bertambahnya usia maka terlalu sering mengonsumsi karbohidrat dan lemak dapat menyebabkan peningkatan radikal bebas," ujarnya.

Ia mengatakan masyarakat bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah seperti beras, susu, kunyit untuk perawatan kecantikan seperti masker beras dan masker susu yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit.

Ketua DPW Unej Wiwin Handayani mengatakan bahwa sangat penting bagi perempuan Indonesia untuk senantiasa menggali berbagai ilmu pengetahuan, karena perempuan khususnya ibu adalah pemegang peran yang sangat penting di dalam keluarga.

"Peran perempuan di dalam keluarga itu penting, salah satunya mendidik anak-anak untuk menjadi generasi yang cerdas melalui pendidikan di rumah seperti budi pekerti dan pendidikan agama," ujarnya.*

Baca juga: Lima hal yang perlu diperhatikan sebelum operasi plastik

Baca juga: Dokter: Bedah plastik tak gunakan plastik, tetapi jaringan tubuh

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024