Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mendorong Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mempercepat proses persetujuan naturalisasi dua pemain liga utama Belanda (Eredivisie), yaitu Calvin Verdonk dan Jens Raven.
 
"Kami akan terus berkoordinasi dengan DPR agar bisa mempercepat proses berkas kedua pemain," kata Dito dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.
 
Ia membeberkan, jika berkas dituntaskan oleh DPR, maka Verdonk dan Ravens bisa memperkuat skuad tim nasional (timnas) untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina pada 6 serta 11 Juni 2024.

Baca juga: PSSI: Calvin Verdonk dan Jens Raven dalam proses naturalisasi
 
Sebelum dua laga itu, lanjut dia, tim Garuda juga akan melakoni laga uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni.
 
"Saya akan coba komunikasi dengan pimpinan DPR dan semoga bisa segera sesuai yang dibutuhkan timnas kita," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Saat ini pecinta sepak bola Tanah Air, masih menanti proses naturalisasi kedua pemain, yang akan melalui tahap persetujuan dari DPR, sehingga bisa segera melanjutkan ke proses selanjutnya guna memperkuat timnas Indonesia.

Baca juga: Shin Tae-yong sebut program naturalisasi PSSI perkuat skuad timnas
 
Calvin Verdonk merupakan pemain di liga utama Belanda (Eredivisie), dengan memperkuat klub NEC Nijmegen dan berposisi sebagai pemain bertahan yang berumur 27 tahun.
 
Sedangkan, Jens Raven masih berumur 18 tahun yang memperkuat klub FC Dordrecht U21 dan berposisi sebagai penyerang.
 
Naturalisasi itu diyakini sejumlah pihak akan memperkuat timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong (STY) untuk bersaing dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca juga: PSSI nantikan tiga pemain naturalisasi di kualifikasi Piala Dunia 2026
Baca juga: Indra Sjafri sebut tujuh pemain asal Belanda setuju gabung Timnas U-20

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024