Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan penyelenggaraan World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024 berlangsung aman dan lancar berkat sinergitas antara Polri dengan TNI, Paspampres, kementerian/lembaga terkait dan juga masyarakat Pulau Dewata.

“Implementasi saat ini situasi betul-betul baik, kondusif dan terselenggara dengan lancar,” kata Trunoyudo dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Jenderal polisi bintang satu itu menjelaskan, Polri bertindak sesuai arahan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kepada Kepala Operasi (Kaops) Puri Agung 2024 Komjen Pol. Fadil Imron untuk melaksanakan Operasi Puri Agung 2024 mengamankan Forum Air se-dunia dapat berlangsung dengan aman dan terkendali.

Keberhasilan dalam pengamanan ini, kata dia, tidak terlepas dari kesiapan yang dilakukan Polri, mulai dari perencanaan, menyiapkan tahapan-tahapan pengamanan secara matang, termasuk manajemen risiko dalam operasi kepolisian, dan bagaimana cara mengantisipasinya.

“Dan konsep Operasi Puri Agung 2024 ini secara operasional terpadu, sinergi antara Paspampres, TNI, kemudian juga ada stakeholders lainnya,” kata Trunoyudo.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu juga menyampaikan, sejumlah delegasi menyampaikan apresiasi atas keramahan dalam pengamanan yang diberikan.

Menurut dia, keramahan ini merupakan implementasi dari budaya yang tercipta di Bali, peran tokoh masyarakat dan tokoh agama serta masyarakat Bali yang memberikan pengertian.

“Beberapa apresiasi dari beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama toko adat di Bali, termasuk delegasi dan beberapa kementerian, lembaga dengan keramahan tentu keramahan ini juga berasal dari masyarakat Bali yang memberikan suatu pengertian dan kemudian menjadi budaya, ramah tamah sehingga delegasi merasa nyaman,” katanya.

Selain itu, Polri juga memiliki pengalaman dalam mengamankan agenda internasional yang berlangsung di Indonesia, seperti KTT G-20 tahun 2022, kemudian KTT ASEAN di Labuan Bajo dan Jakarta, pengamanan Moto GP Di Mandalika, dan masih banyak lainnya.

“Ini menjadi tugas pokok dan fungsi Polri menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat,” katanya.

Selama World Water Forum ini Polri melaksanakan Operasi Puri Agung 2024 melibatkan 5.791 personel gabungan berasal dari Mabes Polri, Polda Bali, Polda Jawa Timur dan Polda Nusa Tenggara Barat.

Kesuksesan Operasi Puri Agung 2024 juga didukung oleh Posko Kendali yang bertugas mengontrol dan mengatur segala pergerakan personel pengamanan sehingga menjadi dinamis saat bertugas.

“Wujud dari implementasi sinergi ini tentu hasilnya aman, lancar dan tidak terlepas dari kearifan lokal, jadi treatment secara khusus kami juga sinergi, melalui posko kendali ada dinamisator,” kata Trunoyudo.

Baca juga: Polri antisipasi "long weekend" saat World Water Forum berlangsung

Baca juga: Pengamanan pembukaan World Water Forum dipantau langsung Kapolri


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024