Shanghai, China (ANTARA) - Zhu Haibin, kepala ekonom China di J.P. Morgan, memproyeksikan ekonomi China akan tumbuh 5,2 persen pada 2024, naik dari estimasi sebelumnya yang sebesar 4,9 persen.

Ekonom itu mengumumkan proyeksi terbarunya dalam acara J.P. Morgan Global China Summit yang berlangsung di Shanghai pada Rabu (22/5).

Zhu mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi China yang kuat sebesar 5,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal pertama (Q1) 2024 melampaui ekspektasi pasar dan menandai awal yang baik untuk tahun ini.

Dia menyatakan bahwa tiga sorotan utama ekonomi China pada Q1 tahun ini yakni peningkatan (yoy) nilai tambah industrinya, diversifikasi produk dan tujuan ekspor China, serta kebangkitan industri dan teknologi baru sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

Nilai tambah industri China, menurut dia, telah melampaui pertumbuhan ekonomi negara itu secara keseluruhan,

Zhu memperkirakan nilai tukar renminbi, mata uang China, akan tetap stabil sepanjang tahun ini.

"Kendati yuan menghadapi tekanan depresiasi jangka pendek terhadap dolar AS, tekanan penurunan itu akan berkurang karena The Fed AS kemungkinan akan memangkas suku bunganya pada paruh kedua tahun ini," katanya.

J.P. Morgan Global China Summit merupakan salah satu pertemuan tahunan terbesar dan paling berpengaruh bagi para pemimpin bisnis di China, yang menghubungkan komunitas investasi global dengan pasar China.

Tahun ini merupakan tahun ke-20 berturut-turut diadakannya acara tersebut.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024