Jakarta (ANTARA) - Samsung telah memastikan bahwa produk wearable terbarunya yaitu Samsung Galaxy Ring dipastikan meluncur pada 10 Juli 2024.

Menjelang peluncurannya, perangkat kesehatan baru dari Samsung itu mendapatkan banyak spekulasi mengenai harga dan fungsinya.

Laporan Gizmochina, Rabu (22/5), mengatakan salah satu spekulasi datang dari pembocor teknologi Yogesh Brar.

Baca juga: Baterai Samsung Galaxy Ring disebut bisa bertahan hingga sembilan hari

Baca juga: Samsung tegaskan Galaxy Ring tak akan kompatibel dengan perangkat iOS


Melalui unggahan di X menyebutkan perangkat itu bakal dijual dengan harga yang cukup tinggi untuk bentuknya yang kecil.

Bocorannya itu mengacu pada harga di pasar India dan AS, untuk pasar India perangkat itu disebutnya bakal dijual seharga 35000 Rupee atau setara Rp6,7 jutaan.

Sementara untuk di pasar AS perangkat itu diprediksi meluncur dengan harga sekitar 300-350 dolar AS (sekitar Rp4,8 juta-Rp5,6 juta).

Harga di pasar lain seperti Uni Eropa dan Inggris mungkin akan berbeda lagi dari kisaran harga yang disebutkan untuk pasar India dan AS.

Sebenarnya proyeksi harga Samsung Galaxy Ring terbilang cukup kompetitif dengan beberapa produk pesaing yang sudah ada di pasaran. Oura Ring yang berasal dari Finlandia misalnya dihargai sekitar 299 dolar AS (Rp4,8 jutaan).

Meski begitu harga pasti dari perangkat ini baru akan diketahui setelah peluncurannya di awal Semester II 2024 ini.

Rumor lainnya mengenai Galaxy Ring datang dari Android Authority, perangkat ini digadang bakal menawarkan layanan berlangganan mengikuti kompetitornya Oura Ring.

Berbeda dengan produk wearable Samsung yang sebelumnya sudah dirilis, nampaknya layanan pemantauan kesehatan dari Galaxy Ring mengharuskan pemiliknya merogoh kocek lebih untuk membayar layanan berlangganan itu.

Sebenarnya biaya bulanan untuk berlangganan itu bersifat opsional dan disebut biayanya akan kurang dari 10 dolar AS (Rp160 ribuan).

Sebenarnya di beberapa pasar, sifat layanan berlangganan untuk pemantauan kesehatan memang cukup kompetitif namun di pasar lain sistem ini masih harus dilihat kelanjutannya.

Meski begitu belum ada konfirmasi resmi mengenai paket berlangganan untuk Samsung Galaxy Ring.

Sejauh ini, tidak diperlukan langganan tambahan untuk mengakses rangkaian lengkap mengenai informasi langkah-langkah menjaga kesehatan dan kebugaran dari perangkat wearable generasi terbaru Samsung yaitu Samsung Galaxy Watch 6.

Namun skenarionya mungkin berubah dan baru diketahui usai acara peluncuran Samsung Galaxy pada tanggal 10 Juli.

Baca juga: Samsung luncurkan perangkat wearable kesehatan Galaxy Ring di MWC

Baca juga: Samsung akan kenalkan Galaxy Ring di Mobile World Congress

Baca juga: Samsung bakal luncurkan Galaxy Ring ke semester dua 2024

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024