Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mendistribusikan pasokan air bersih dan melakukan pembersihan umum untuk membantu para penyintas bencana banjir bandang yang terjadi pada beberapa wilayah di Sumatera Barat (Sumbar).
 
"Baznas RI terpanggil untuk berperan aktif dan hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Kami berkomitmen memberikan bantuan konkret berupa pembersihan lingkungan serta penyediaan air bersih bagi warga yang terdampak," kata Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan dalam keterangan di Jakarta, Jumat.
 
Untuk itu pihaknya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Ia menilai kerja sama tersebut sebagai langkah penting untuk memastikan ketersediaan air yang aman dan layak bagi masyarakat terdampak bencana.

Baca juga: Baznas RI berikan dukungan psikososial bagi korban banjir Sumbar
 
"Kami berkolaborasi dengan PMI juga menyalurkan empat truk tangki air bersih untuk masyarakat terdampak bencana. Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian, Insya Allah kita dapat meringankan beban mereka dan membantu mereka bangkit kembali," ujarnya.
 
Adapun pembersihan umum, kata Saidah, dilakukan dengan tujuan membersihkan lingkungan dari sisa-sisa lumpur dan sampah yang dibawa arus banjir, serta meminimalisir risiko penyebaran penyakit yang dapat timbul akibat banjir.

Baca juga: Baznas sediakan mobil klinik dan dapur layani korban bencana Sumbar
 
Sementara itu anggota Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) di lokasi bencana, Riki Pemil Awaludin menyampaikan aksi membersihkan material yang terbawa arus banjir dilakukan sejak Kamis (23/5) pada sejumlah titik bencana banjir.
 
"Saat ini kami sedang melakukan aksi bersih-bersih material yang terbawa arus banjir lahar dingin di Kecamatan Rambatan, Tanah Datar," ujarnya.
 
Riki berharap aksi ini dapat memberikan manfaat dan bisa membantu masyarakat membersihkan lingkungan mereka.

Baca juga: Kemenag dan Baznas salurkan bantuan untuk korban bencana di Sumbar

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024