Jakarta (ANTARA) - YouTube Music akhirnya meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari lagu dengan menyanyikan atau menyenandungkan lagu.

Menurut siaran Phone Arena dan 9to5 Google pada Jumat (24/5), fitur pencarian lagu itu sudah ada dalam versi terbaru aplikasi YouTube Music untuk Android.

YouTube Music sudah menguji coba fitur pencari lagu tersebut sejak Maret.

Untuk menggunakan fitur itu, pengguna bisa mengetuk ikon kaca pembesar di ujung kanan atas YouTube Music untuk menemukan ikon gelombang di samping ikon mikrofon untuk pencarian menggunakan suara.

Dengan mengetuk ikon gelombang, pengguna membuka halaman pencarian yang memungkinkan pencarian lagu dengan menyanyikan atau menyenandungkan nada lagu yang ingin dicari.

Jika YouTube Music bisa mengenali senandungan tersebut, maka aplikasi akan menampilkan halaman berisi informasi tentang lagu seperti nama penyanyi, judul lagu, judul album, tahun rilis lagu, sampai sampul album yang berisi lagu tersebut.

Fitur tersebut saat ini baru digulirkan di aplikasi YouTube Music versi 7.02 untuk sistem operasi Android. Belum diketahui apakah fitur juga tersedia untuk perangkat iOS.

Google pertama kali memperkenalkan fitur pencarian lagu semacam itu di Google Search pada 2020. Selanjutnya, fitur berbasis kecerdasan buatan tersebut diluncurkan untuk aplikasi YouTube.

Baca juga: YouTube Music luncurkan fitur lirik di Android
​​​​​​​Baca juga: YouTube Music sediakan fitur pengenalan lagu

Baca juga: YouTube Music tingkatkan layanan dengar musik di desktop

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024