Jakarta (ANTARA) - Pengamat sekaligus dosen Ilmu Komunikasi Universitas Binus dan STAN, Putro Mas Gunawan, mengapresiasi komitmen Bank Rakyat Indonesia (BRI) membangkitkan kompetisi liga kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1.

Putro Mas Gunawan mengatakan, BRI punya kontribusi besar atas terselenggaranya kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia BRI Liga 1 setelah dihantam pandemi Covid-19.

"BRI telah membuktikan mereka tetap hadir di saat sepak bola Indonesia serba sulit. Kini mereka memetik buah dari konsistensi mendukung kompetisi. Walhasil kini saat berbicara soal sepak bola Indonesia yang berprestasi maka kita tak bisa melupakan BRI," kata Putro kepada pewarta, Senin.

BRI telah menjadi sponsor utama kompetisi Liga 1 sejak 2021 lalu dan menjadi penyokong utama bergulirnya kompetisi meski terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Erick Thohir apresiasi BRI kembali menjadi sponsor Liga 1 2023/2024

"BRI yang jadi sponsor utama kompetisi BRI Liga 1 sejak 2021 menyelami semangat kebangkitan sepak bola pasca pandemi dan sanksi FIFA itu lewat tagline BRIkan SEMANGATmo," kata Putro.

Putro menjelaskan bahwa lewat tagline BRIMo, "BRIkan SEMANGATmo" yang digunakan selama kompetisi Liga 1, BRI dinilai ukses mengaitkan strategi marketing dan sepak bola ke telinga pencinta sepak bola nasional. Putro mengatakan saat ini banyak masyarakat yang mulai terbiasa dengan narasi BRImo BRIkan SEMANGATmo ini.

"Misi BRI melekatkan citra perusahaan pada sepak bola nasional memang penuh risiko. Sebab sepak bola Indonesia kala itu paceklik prestasi. Sepak bola saat itu juga rawan pada aksi kerusuhan suporter. Namun BRI bergeming pada keputusan untuk mendukung penuh sepak bola nasional," ujar Putro.

Baca juga: Liga 1 Menggerakkan Ekonomi Rp9 Triliun, Sponsor Utama Kembali Dipegang BRI

"BRIkan SEMANGATmo jadi semakin relevan. Terlebih kompetisi BRI Liga 1 musim ini yang gegap gempita dengan begitu meriahnya laga final Championship Series yang mempertemukan Persib Bandung dan Madura United. Ini menandakan tagline BRIkan SEMANGATmo mulai berbuah nyata soal kebangkitan sepak bola Indonesia dari duka menjadi suka cita," kata Putro.

Putro menambahkan, konsistensi BRI dalam mendukung kompetisi BRI Liga 1 dengan segala risikonya adalah investasi terbaik dari segala promosi yang mereka lakukan.

Saat ini BRI Liga 1 telah memasuki Championship Series dengan telah melangsungkan leg pertama babak final dan pertandingan perebutan tempat ketiga. Pertandingan perebutan tempat ketiga antara Borneo FC menghadapi Bali United dijadwalkan akan berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (30/5).

Sedangkan babak final leg kedua antara Madura United menghadapi Persib Bandung akan berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat (31/5)

Baca juga: Industri BRI Liga 1 yang kian tumbuh

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024