AKHLAK kini sudah menjadi budaya di BUMN, di mana penerapannya tidak hanya sebatas di lingkungan kantor saja, namun juga di masyarakat luas sehingga diharapkan pegawai BUMN mampu memberikan kontribusi nyata dan terbaik untuk masyarakat dan bangsa
Jakarta (ANTARA) - Program Relawan Bakti BUMN Batch V menjadi aksi dari pegawai badan usaha milik negara (BUMN) untuk memberikan kontribusi nyata di momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024.

"AKHLAK kini sudah menjadi budaya di BUMN, di mana penerapannya tidak hanya sebatas di lingkungan kantor saja, namun juga di masyarakat luas sehingga diharapkan pegawai BUMN mampu memberikan kontribusi nyata dan terbaik untuk masyarakat dan bangsa," kata Menteri BUMN Erick Thohir melalui keterangannya di Jakarta, Senin.

Sebagaimana keterangan resmi dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Kementerian BUMN kembali menghadirkan program relawan bakti BUMN sebagai salah satu bentuk penerapan budaya Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (AKHLAK) bagi pegawai BUMN.

Program yang dirancang sebagai wadah pegawai grup BUMN dalam kegiatan sosial kemasyarakatan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) BUMN diminati oleh lebih dari 12 ribu pendaftar.

Sementara, Deputi SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menyampaikan, relawan BUMN yang telah menyelesaikan rangkaian program itu diharapkan dapat membawa dan menyebarkan semangat kerelawanannya ketika nanti kembali ke kantor dan rumahnya masing-masing.

Adapun, dalam program tersebut, Pelindo berpartisipasi dengan mengimplementasikan program pemberdayaan masyarakat serta pelestarian lingkungan di kawasan wisata Raja Ampat, Papua Barat Daya.

Selama tiga hari (20-22 Mei), Pelindo berkolaborasi dengan PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo memfasilitasi pembinaan hospitality UMKM dan memberikan edukasi konservasi kepada warga setempat.

Atas terlaksananya Program Relawan Bakti BUMN Batch V, Kementerian BUMN mengharapkan bahwa tujuan dan makna atas pelaksanaan program relawan bakti BUMN yang telah dilaksanakan tercapai dan dirasakan, bukan hanya untuk masyarakat di lokasi kerelawanan dan relawan BUMN, namun juga untuk perusahaan asal para relawan BUMN dan masyarakat umum.

Di sisi lain, program relawan bakti BUMN diharapkan menjadi salah satu program berkelanjutan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat luas dan grup BUMN.

Diketahui, program bakti BUMN telah digelar untuk ke-5 kalinya. Di 2024 ini, gelaran program bakti BUMN dilaksanakan serentak pada 20-22 Mei 2024 di 10 titik lokasi, yaitu Bukit Tinggi-Sumatera Barat, Bengkalis-Riau, Bantul-DIY, Magelang-Jawa Tengah, Mojokerto-Jawa Timur, Samboja dan IKN-Kalimantan Timur, Pontianak-Kalimantan Barat, Morowali-Sulawesi Tengah, Maumere-NTT serta Raja Ampat-Papua Barat Daya dengan melibatkan 16 perusahaan di grup BUMN.

Pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN Batch V tersebut bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2024.

Terdapat 12.069 orang yang mendaftar sebagai relawan BUMN pada batch tersebut. Dari rangkaian tahapan seleksi, telah didapatkan 100 relawan BUMN yang berasal dari berbagai kota/kabupaten di Indonesia. Para relawan berasal dari 62 perusahaan di grup BUMN.

Baca juga: Tingkatkan jiwa kerelawanan, KBUMN hadirkan program relawan bakti BUMN
Baca juga: Erick Thohir dorong kontribusi pegawai BUMN melalui program relawan Bakti BUMN
Baca juga: Erick: Program Bakti BUMN untuk guru bekal hadapi ujian sertifikasi

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024