Seminar ini sebagai bentuk dorongan yang dilakukan oleh IKA ITS dalam melahirkan gagasan-gagasan inovatif, serta solusi berkelanjutan guna mendukung pembangunan infrastruktur di IKN
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) mendukung pembangunan infrastruktur cerdas di Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui penyelenggaraan seminar nasional di Samarinda, Kalimantan Timur.

“Seminar ini sebagai bentuk dorongan yang dilakukan oleh IKA ITS dalam melahirkan gagasan-gagasan inovatif, serta solusi berkelanjutan guna mendukung pembangunan infrastruktur di IKN,” kata Ketua Penyelenggara Seminar Nasional IKA ITS 2024 Dr. Ir. Muhammad Fauzan dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Fauzan mengatakan bahwa penyelenggaraan seminar bertema, "Framework Infrastruktur Cerdas di Smart City" bertujuan untuk menjadi ajang pemantik intelektual dalam menggali konsep, tantangan, dan peluang terkait pengembangan infrastruktur cerdas di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun yang melatarbelakangi Samarinda sebagai tempat pelaksanaan seminar, yakni pentingnya wajah Samarinda sebagai gerbang penting dari IKN.

Seminar tersebut merupakan seminar pertama dari tiga seminar yang akan digelar oleh IKA ITS. Ketua Umum PP IKA ITS Ir. Soetopo Kristanto mengungkapkan bahwa ikatan alumni tersebut bertekad untuk turut berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas.

“Kolaborasi kontribusi alumni ITS bersama para pemangku kepentingan akan menjadi poin yang sangat penting dalam memajukan bidang-bidang strategis seperti teknologi informasi, infrastruktur, dan pembangunan berkelanjutan dalam mewujudkan visi Indonesia emas,” kata Soetopo.

Seminar nasional selanjutnya akan dilaksanakan di Batam, Kepulauan Riau yang membahas, “Peran Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”. Titik yang ketiga adalah Surabaya dengan tema, “Ekosistem EV & Autonomous Vehicle”.

Setelahnya, IKA ITS akan menggelar kegiatan inti yang akan berlangsung di Jakarta sebagai puncak dari rangkaian seminar yang membahas, “Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan”.

Soetopo berharap agar hasil dari rangkaian seminar tersebut mampu menjadi salah satu rekomendasi, referensi, dan acuan dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

“Hal dilakukan sebagai wujud komitmen IKA ITS dalam pembangunan Indonesia,” kata dia.

Baca juga: Tujuh bakal calon bersaing jadi Ketua Umum Ikatan Alumni ITS
Baca juga: Ikatan Alumni ITS beri rekomendasi pembangunan Indonesia

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024