kami tergerak untuk mengajak masyarakat melakukan kegiatan bersih-bersih sampah
Gorontalo (ANTARA) - Warga Desa Ponelo dan Desa Malambe di Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo mulai berebutan mencari sampah plastik dan kaleng di pantai karena satu karung sampah itu dihargai Rp20.000 oleh sebuah investor pengelola pulau.

"Ini pemandangan menarik. Saya termasuk kaget melihat aktivitas berburu sampah itu," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara Matran Lasunte di Gorontalo, Senin.

Sebelumnya sampah kiriman dari luar Pulau Ponelo yang pada musim angin tertentu selalu dibiarkan menumpuk di tepi pantai, namun kini tumpukan sampah itu mulai dibersihkan warga.

Aktivitas itu dilakukan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka berebutan mengangkut sampah plastik dan kaleng.

Baca juga: Empat ton sampah terkumpul pada Gerakan Bersih Laut-Pantai Gorontalo
Baca juga: RSUD Ainun Gorontalo jadi percontohan kampanye gerakan minim sampah plastik


Menurut Matran, investor pengelola Pulau Saronde di Kecamatan Ponelo Kepulauan yaitu Blue Bay Divers memotivasi warga memungut sampah dengan menghargai setiap satu karung sampah plastik dan kaleng sebesar Rp20 ribu.

"Mereka (investor) menyiapkan karung, siapa saja  baik anak-anak, remaja, orang dewasa boleh datang menjemput karung yang telah disiapkan. Jika sudah terisi penuh dengan sampah, pihak investor menghargai Rp20 ribu per karung. Ini strategi luar biasa ampuh sebagai upaya membersihkan pantai dari sampah di pulau ini," kata Matran.

Kegiatan tersebut kata dia, tidak hanya mengupayakan kebersihan pulau dan menyelamatkan ekosistem bawah laut dari sampah yang berdampak merugikan, namun mampu mendorong pelibatan masyarakat pada kegiatan bernilai ekonomis tinggi.

"Pagi tadi saya menyaksikan sebanyak 270 karung sampah plastik dan kaleng dikirim pihak investor ke tempat penampungan sampah. Ini kegiatan positif yang berdampak menguntungkan lingkungan dan masyarakat," katanya.

Ia berharap kegiatan investasi yang turut memperhatikan lingkungan hidup seperti itu, dapat terus lestari dan diterapkan di seluruh pulau yang ada di kabupaten ini.

Baca juga: ASDP bersihkan pantai dan laut targetkan 20 ton sampah plastik
Baca juga: Dibuang dari kapal, sampah plastik asing nyampah di Pantai Natuna


Pihak Blue Bay Divers, Erlando, mengatakan kegiatan tersebut sengaja dilakukan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan laut yang sehat.

Setiap musim angin tertentu, sampah selalu menumpuk di beberapa pulau yang ada. Kebanyakan sampah kiriman entah dari mana asalnya.

"Melihat kondisi tersebut membuat kami tergerak untuk mengajak masyarakat melakukan kegiatan bersih-bersih sampah. Kami siapkan karung dan setiap karung berisi sampah dihargai Rp20 ribu. Kami bersyukur kegiatan ini mendapat respon yang baik dari masyarakat," katanya.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut, masyarakat dapat terus tergerak melakukan bersih-bersih sampah.

Dampaknya kata Erlando, tentu laut di perairan tersebut akan menjadi sehat karena bersih dari sampah, ekosistem bawah laut terjaga dan pariwisata ramah lingkungan dapat terwujud.

Baca juga: PLN-TNI AL membersihkan laut dari sampah plastik di Sulut
Baca juga: PT Timah dan warga Bangka bersihkan sampah plastik Pantai Tengkorak
Baca juga: Pertamina Dumai ajak masyarakat bersihkan pantai dari polusi plastik

 
Sebanyak 270 karung sampah dari Pantai Ponelo Kepulauan dihasilkan dari aktivitas membersihkan sampah oleh warga Desa Ponelo dan Malambe di Kecamatan Ponelo Kepulauan Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, Senin (27/5/2024). ANTARA/Susanti Sako

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024