Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO, berkolaborasi dengan Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Bali (PPLH Bali), melakukan aksi bersama menyelamatkan laut selama dua hari pada 24-25 Juni.

Lebih dari 100 peserta yang terdiri dari masyarakat dan komunitas di Bali berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang melibatkan sektor hulu ke hilir, yang meliputi edukasi pencegahan sampah plastik dari kota hingga kegiatan bersih pantai dan penanaman bibit terumbu karang.

"Laut merupakan sumber daya alam yang sangat penting dan sumber penghidupan yang perlu dijaga kelestariannya. Kami menyadari bahwa upaya pelestarian laut untuk menciptakan lingkungan yang nyaman membutuhkan kerja sama yang baik dari berbagai pihak mulai dari pencegahan hingga penanggulangan masalah laut," kata Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia, Irma Yunita, dalam siaran pers yang diterima Senin (26/5).

Baca juga: UNIQLO menyumbangkan 6000 pakaian untuk pengungsi di Indonesia

Kegiatan yang bertema "Take Action from the City to the Sea" itu merupakan implementasi dari kampanye global JOIN: THE POWER OF CLOTHING untuk berkontribusi terhadap lingkungan, yang mana saat ini salah satu fokus utamanya adalah pengurangan sampah di laut, serta komitmen mendukung upaya bersama antara pemerintah, swasta, komunitas dan lembaga swadaya masyarakat dalam mengurangi sampah di laut.

Kegiatan tersebut dimulai dengan edukasi bersama Rare Beten Tiying, sebuah komunitas anak-anak peduli lingkungan hidup yang diberdayakan oleh PPLH Bali dan berada di sekitar toko UNIQLO Living World Denpasar.

UNIQLO dan Rare Beten Tiying mensosialisasikan program "Ban the Big 5" yang merupakan program edukasi yang melibatkan pelajar dan komunitas untuk mengurangi penggunaan sekali pakai dari lima jenis sampah plastik, yaitu kantong, sedotan, stirofoam, saset, dan microbeads.

Selain itu, masyarakat diajak untuk belajar mengolah sampah organik dengan menyediakan tong komposter yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya berkelanjutan untuk mengurangi sampah ke laut.

UNIQLO juga melanjutkan aksinya untuk membersihkan sampah di sekitar Pantai Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali bersama Komunitas Anak Rare Segara, komunitas anak-anak peduli lingkungan hidup yang diberdayakan oleh PPLH Bali di Tulamben. Kegiatan bersih-bersih pantai itu juga berkolaborasi dengan Jaladharma Diving Club (JDC) Bali.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Waste Analysis Brand Audit (WABA) yakni memilah sampah yang terkumpul sesuai dengan jenisnya, menyediakan tempat pilah sampah untuk memudahkan pengunjung pantai membuang sampah dengan benar yang dilanjutkan dengan memulihkan kerusakan di laut melalui transplantasi 150 terumbu karang sebagai awal tempat berlindungnya ekosistem laut.

Baca juga: Kemenhub gelar aksi bersih pantai peringati Hari Pelaut Sedunia

Baca juga: Akademisi UIN sebut kesadaran lingkungan mulai meningkat di masyarakat

Baca juga: KLHK-SKK Migas EP Papua Field kolaborasi bersih pantai Pulau Soop

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023