Jakarta (ANTARA) -
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah pusat dan daerah melakukan operasi pasar secara masif menjelang Hari Raya Idul Adha 2024 guna memastikan harga pangan di pasaran tetap stabil.

Selain harga, pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan bahwa operasi pasar juga diperlukan guna memastikan pasokan pangan tersedia dengan jumlah yang cukup sehingga masyarakat tetap dapat membeli bahan pangan tanpa terbebani ekonomi.

"Hari Raya Idul Adha akan dirayakan kurang lebih kurun tiga pekan ke depan. Perlu diperhatikan kesiapan pangan sebab adanya potensi peningkatan konsumsi masyarakat," kata Bamsoet dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Selain itu, dia meminta pemerintah untuk memetakan wilayah-wilayah yang saat ini berpotensi kekurangan stok beras ataupun sejumlah komoditas pangan lainnya sehingga kebutuhan masyarakat terhadap komoditas pangan bisa terpenuhi secara merata.

Menurutnya, daerah yang memiliki produksi beras dan stok pangan melimpah dapat mendistribusikan sebagian hasil komoditas pangan tersebut ke daerah yang masih kekurangan beras dan stok pangan lainnya.

Meskipun permintaan pangan jelang Idul Adha tidak setinggi ketika Idul Fitri, Bamsoet mengatakan pemerintah tetap harus mempersiapkan langkah antisipasi agar harga dan stok pangan di pasaran tetap stabil dan terjaga.

Selain itu, langkah antisipasi juga perlu dilakukan terkait pencegahan adanya oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan momen Idul Adha demi keuntungan pribadi.

"Meminta pemerintah memastikan Badan Urusan Logistik atau Bulog memiliki stok beras yang mencukupi bagi kebutuhan dan permintaan masyarakat," katanya.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024