Jakarta (ANTARA News) - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi mengapresiasi Wakapolri Komjen Oegroseno jika memiliki niatan untuk menjadi komisioner KPK menilik suksesor mantan Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Nanan Sukarna itu segera memasuki masa purna jabatan.

"Pak Oegro perlu diapresiasi jika berkeinginan jadi komisioner (KPK)," kata Johan di kantornya, Jakarta, Selasa.

Pernyataan dari Johan itu muncul di tengah isu yang beredar di publik mengenai kemungkinan Wakapolri itu menjadi komisioner KPK.

Saat dikonfirmasi, Oegroseno belum bisa memastikannya. "Belum tahu," katanya.

Secara umum dirinya hanya mengatakan di manapun dirinya berada yang terpenting adalah pengabdian kepada negara.

"Bukan (harus menjadi komisioner KPK). Karena yang penting itu jiwa pengabdian kita kepada negara dan bangsa tidak akan pernah berubah," katanya seusai mendatangi kantor KPK di kawasan Kuningan, Jakarta dan keluar sekitar pukul 16.03 WIB.

Sebagaimana diberitakan, Oegro bakal pensiun pada akhir bulan Februari 2014. Posisinya sebagai Wakapolri dimulai saat menjadi pengganti Komjen Nanan Sukarna sejak 2 Agustus 2013. Dirinya ditunjuk langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelum menjadi Wakapolri, Oegroseno menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam).

Sementara itu, Johan mengatakan kedatangan Oegroseno ke KPK pada Selasa merupakan kesempatan bagi Wakapolri itu untuk perpisahan. "Bertemu pimpinan KPK dan para penyidik untuk pamitan."

"Pak Oegro tadi bertemu pimpinan dan penyidik terutama yang dari jajaran Polri, berkaitan masa tugas yang bersangkutan. Saya tidak tahu isi pembicaraan secara mendetail," katanya.  (*)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014