Tangerang (ANTARA News) - Petugas pembersih jalan di Kota Tangerang, Banten, mengeluh kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah tentang minimnya ketersediaan sapu dari dinas yang membuat mereka harus membeli sendiri alat kerja tersebut.

"Tolong Pak Wali agar sapu jalanan disediakan. Sebab, saat ini kami membeli sendiri karena pasokan dari Dinas Kebersihan kosong," kata Indriwati, petugas penyapu jalan Tangerang yang sudah bekerja sejak tahun 1992 pada Kamis.

Entong, petugas kebersihan di TPA Rawa Kucing, juga menyampaikan keluhan yang sama.

Selain itu dia meminta pemerintah daerah memberikan jaminan kesehatan kepada para penyapu jalan yang setiap hari bersentuhan dengan sampah dan menghadapi risiko kecelakaan di jalan raya.

"Kalau bisa ada tanggungan kesehatan dari Wali Kota. Sebab, kami setiap harinya kerja bersentuhan dengan sampah," kata Entong, yang sudah 10 tahun bekerja menjadi penyapu jalan.

Wali Kota Tangerang mengatakan pemerintah daerah sudah mengetahui bahwa alat kerja para petugas kebersihan kota seperti sapu memang masih kurang dan pemerintah daerah akan memenuhinya secara bertahap.

"Kita sudah data dan telah meminta dinas terkait langsung bekerja. Dalam waktu dekat semuanya sudah berjalan dan akan saya pantau langsung," katanya.

Arief juga meminta kepada petugas bekerja sama dengan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan ketentraman.

(T.KR-AIF)

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014