Jakarta (ANTARA News) - LG akan meluncurkan smartwatch pertama tahun ini, kata kepala unit mobile LG Electronics, Senin, setelah Samsung Gear 2, generasi kedua smartwatch yang dapat terkoneksi Internet. 

"Kami sedang mengambangkan perangkat wearable (dapat kenakan). Lebih spesifik lagi dalam bentuk jam tangan," kata CEO unit mobile LG Electronics Park Jong-Seok kepada reporter seperti dikutip CNA. 

"Akan dirilis tahun ini," lanjut dia seraya mengatakan jam tangan itu akan terhubung ke smartphone.  "Kami sedang mengembangkan sesuatu yang belum pernah ditawarkan perusahaan lain."

LG --produser smartphone terbesar keempat di dunia-- belum menginjakkan kaki ke pasar wearable devices yang saat ini didominasi Samsung, Sony dan Pebble. 

Smartwatch biasanya memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menelepon, menerima pesan sms dan email, mengambil foto dan mengakses aplikasi. 

Perusahaan seperti Apple dan Google juga sedang menuju arah yang sama. Apple dipercaya akan meluncurkan produk smartwatch versinya, sementara Google menyasar konsumen yang lebih luas dengan Google Glass. 

Meskipun begitu, smartwatch Galaxy Gear Samsung yang dinanti-nantikan dan diluncurkan September silam disambut dingin konsumen karena dianggap tidak modis dan sulit dipakai. 

Kini Samsung menghadirkan Gear 2 dengan fitur baru termasuk perangkat sport tracking, monitor detak jantung dan remote control untuk perangkat seperti televisi.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014