Moskow (ANTARA News) - Rusia mengeluarkan serangkaian ancaman hari ini bahwa Ukraina tidak akan mendapatkan diskon harga gas yang dibayarkan negeri itu kepada perusahaan gas Rusia Gazprom karena utang gas yang ditimbun Kiev.

Gazprom memperkirakan utang gas Ukraina mencapai 1,55 miliar dolar AS pada 2013 namun sejauh ini gas dikirimkan sepanjang tahun ini.

"Sepertinya dengan pembayaran gas seperti itu dan pemenuhan kewajiban Ukraina, tak bisa mempertahankan diskon harga gas saat ini," kata juru bicara Gazprom Sergei Kupriyanov kepada Reuters.

Peringatan gas dari Rusia ini mengeruhkan konflik dua negara yang dipicu persengketaan di wilayah Krim.

Kenaikan harga gas akan memperparah krisis likuiditas Ukraina dan akan memicu perang gas baru antara Kiev dan Moskow, di samping menggangu pasokan gas Rusia ke Eropa yang mendapatkan sepertiga kebutuhan gasnya dari Rusia.

Desember lalu Rusia setuju memotong harga gas untuk Kiev sampai sepertiganya menjadi 268,50 dolar AS per 1.000 meter kubik dari harga 400 dolar AS yang dibayar Ukraina sejak 2009, setelah Presiden terguling Viktor Yanukovich menghentikan pembicaraan kesepakatan dagang dengan Uni Eropa dan lebih memilih mendekat ke Rusia, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014