kita harus menempa dan berharap agar generasi muda saat ini sudah punya kecintaan yang tinggi terhadap bangsa...
Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Anggota DPR RI asal Kalimantan Tengah, Hj Norhasanah menilai, Indonesia harus mampu mencetak generasi baru negarawan demi kelangsungan bangsa ini di masa yang akan datang.

"Di Indonesia banyak orang pintar tapi belum tentu mereka mempunyai jiwa seorang negarawan. Makanya kita harus menempa dan berharap agar generasi muda saat ini sudah punya kecintaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara ini," kata Norhasanah di Sampit, Minggu.

Norhasanah datang ke Sampit menyelenggarakan sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan menghadirkan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Palangka Raya, Ibnu AS Pelu sebagai narasumber.

Acara ini disambut antusias peserta. Sekitar 900 peserta yang didominasi pelajar dan mahasiswa memadati Gedung Serbaguna Sampit yang menjadi tempat digelarnya acara sosialisasi tersebut.

Menurutnya, empat pilar yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, harus selalu diterapkan dan dikawal agar jalannya negara ini sesuai dengan yang dicita-citakan sejak awal.

Empat pilar tersebut bukan sebuah retorika, melainkan pedoman bagi negara ini. Sudah seharusnyalah setiap warga negara, terlebih para generasi muda untuk menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Apapun profesi kita, kita punya kewajiban untuk menjalankan dan mengawal empat pilar negara ini. Kalau kita punya komitmen yang sama maka negara ini akan kuat," tegas Norhasanah.

Sementara itu, Ibnu AS Pelu dalam paparannya menguraikan satu per satu keempat pilar tersebut dengan harapan peserta kembali menyegarkan ingatan dan semangat untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai para pendiri negara ini.

Banyak hal yang harus diperbaiki dalam pelaksanaan pemerintahan. Kebersamaan dan persatuan harus terus dipupuk agar kecintaan terhadap negara ini makin tinggi.

"Silakan jalankan kewenangan otonomi daerah tap jangan hilangkan Tunggal Ika dan NKRI. Mari kita kawal kebhinnekaan dan kita satukan dengan cerdas," harapnya. (*)

Pewarta: Norjani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014