Saya akan menyampaikan pandangan kami mengenai ancaman-ancaman politik berkaitan dengan ketergantungan pada gas dan uang Rusia"
Warsawa (ANTARA News) - Ketergantungan Jerman pada gas alam Rusia memesankan sebuah ancaman kepada kedaulatan Eropa, kata Perdana Menteri Polandia Doland Tusk seperti dikutip AFP.

"Ketergantungan Jerman pada gas Rusia bisa secara efektif membatasi kedaulatan Eropa," kata Tusk kepada wartawan, menjelang kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel ke Warsawa.

Jerman membeli sepertiga kebutuhan minyak dan gasnya dari Rusia, selain memiliki hubungan perdagangan dan investasi yang luas dengan wilayah sebelah timur Eropa.

Jerman berusaha meredakan ketegangan Moskow dan Barat, namun para analis menilai suara Jerman diselimuti kekhawatiran mengenai terganggunya hubungan ekonominya dengan  Rusia.

"Masalah Ukraina berkaitan dengan keamanan masa depan Uni Eropa," kata Tusk seraya mengatakan Uni Eropa mesti mengkaji kembali kebijakan energinya.

"Saya akan berbicara sangat terbuka dengan Merkel, menyatakan setegasnya bahwa iklim saat ini dan kebijakan gas alam berisiko menciptakan ancaman terhadap keamanan dan kedaulatan Eropa secara keseluruhan," kata Tusk.

"Saya akan menyampaikan pandangan kami mengenai ancaman-ancaman politik berkaitan dengan ketergantungan pada gas dan uang Rusia," kata Tusk.  "Ini tentu tidak hanya berlaku untuk Jerman, namun dalam beberapa tahun belakangan Jerman menjadi contoh kuat untuk fenomena ini".

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014