Moskow (ANTARA News) - Muslim Rusia akan mendukung pilihan apa pun warga Krimea dalam referendum hari ini, kata Kepala Pusat Dewan Muslim Rusia, Talgat Tadjuddin, seperti dikutip kantor berita Itar-Tass dalam lamannya.

"Yang kami saksikan di Krimea dan Ukraina saat ini adalah keprihatian mendalam kami," kata Tadjuddin. "Saat rumah tetangga dilalap api, Anda mesti bergegas menolongnya. Api itu bisa menyebar ke rumah Anda juga. Ukraina adalah bagian dan paket dunia Slavia, Kristen Ortodokss, dan ada 120 juta dari mereka di Rusia."

"Tatar Krimea adalah saudara sedarah kami", kata Tadjuddin yang menyebut Rusia memiliki tiga tanggung jawab di Krimea dalam soal agama, kedekatan, dan ikatan darah.

"Jika keputusan dibuat untuk kembali ke pangkuan Rusia, kami mesti menerima ini dengan kegembiraan besar," kata dia. "Seluruh bangsa kita yang besar ini akan membantu mencapai hal itu."

Tadjuddin mengatakan bahwa semua donasi yang dikumpulkan dari anggota jemaah di masjid Ufa selama sebulan akan dikirimkan ke Krimea untuk memperbaiki sebuah masjid di Simferopol.

Pusat Dewan Muslim Rusia juga akan berperan serta dalam perbaikan gereja, demikian Itar-Tass.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014