Washington (ANTARA News) - Amerikan Serikat hari ini mengumumkan sanksi keuangan kepada tujuh pejabat top pemerintah dan parlemen Rusia sebagai hukuman atas apa yang mereka sebut serangan Rusia ke Krimea.

Dalam keputusan presiden terbarunya, Presiden Barack Obama juga mengenakan sanksi kepada mantan presiden Ukraina Viktor Yanukovych, salah seorang dari penasehat puncaknya dan dua tokoh "separatis" Krimea.

Para pejabat Rusia yang akan diblokir properti, asset dan kepentingannya di AS adalah deputi perdana menteri Dmitry Rogozin, sejumlah anggota senior Duma, dan para penasihat Presiden Vladimir Putin.

Juga termasuk Vladislav Surkov dan Sergei Glazyev yang adalah penasihat utama Putin, serta dua anggota Duma yaitu Leonid Slutsky dan Yelena Mizulina.

Dua anggota Dewan Federasi yaitu Andrei Klishas dan Valentina Matviyenko juga menjadi sasaran.

Para pejabat Krimea yang disasar sanksi adalah perdana menteri sementara Sergei Aksyonov dan Vladimir Konstantinov, ketua parlemen Krimea.

Gedung Putih mengatakan asset-asset Yanukovych dan Viktor Medvedchuk, pemimpin faksi "Pilihan Ukraina" yang pro-Rusia di AS akan disita, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014