Muntok (ANTARA News) - Calon anggota legislatif perempuan dari Partai Amanat Nasional Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Murniati menyatakan pemkab  perlu memperhatikan usaha kerakyatan untuk membangun kemandirian ekonomi masyarakat.

"Selama ini kami mendapat masukan dari masyarakat terutama para pelaku usaha kecil yang selalu kesulitan mendapatkan permodalan. Ini harus segera diperbaiki mengingat usaha ini cukup potensial dikembangkan untuk menguatkan ekonomi daerah," ujar dia di Muntok, Senin.

Ia menjelaskan, selama ini pemkab selalu fokus pada pembangunan dan peningkatan infrastruktur yang seringkali kurang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Keterbatasan anggaran pendapatan dan belanja daerah harusnya disikapi dengan penentuan skala prioritas, dan tetap memperhatikan kebutuhan usaha kecil yang ada di masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan, ekonomi kerakyatan di Kecamatan Muntok, terutama di daerah Tanjung dan sekitarnya selama ini masih kurang mendapatkan perhatian, padahal di kampung tersebut masyarakatnya sebagian besar merupakan pelaku usaha kecil yang butuh bantuan.

Masyarakat membutuhkan bantuan permodalan, pengelolaan pemasaran, peningkatan keterampilan dan manajemen usaha untuk mendukung ekonomi keluarganya. Hal ini perlu mendapatkan perhatian lebih besar untuk mendukung mereka menjadi keluarga mandiri, kata caleg dari daerah pemilihan I Kabupaten Bangka Barat tersebut.

"Sektor ini perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemkab, jika kekurangan anggaran toh bisa menggandeng swasta atau perusahaan yang ada di daerah, seperti perusahaan pertambangan dan perkebunan yang bisa dijadikan bapak angkat usaha kecil itu," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014