Kami perlu segera bangkit. Kami perlu meraih kemenangan di setiap pertandingan, buktinya kami mampu tampil baik di ajang Liga Champions
Manchester (ANTARA News) - Putaran bola dunia seakan sejenak terhenti, karena El Clasico berkisah mengenai drama kebesaran nama Barcelona ketika menundukkan Real Madrid sebagai seteru kekal di pusaran waktu sepak bola Spanyol.

Dengan menumpang kereta kebesaran bermerk laga derbi, dua klub tetangga saling bertatap duel, dan gerbang kemenangan terbuka kemudian terdengar suara lamat-lamat "marilah masuk mereka yang dahaga". Dan gerbang Manchester siap menerima sang pemenang: atau Manchester United atau Manchester City.

Di Stadion Old Trafford, duo Manchester bersiap mengukir testamen bertajuk laga derbi ke-167 dalam putaran jarum jam kompetisi Premier League, pada Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB.

Kubu Old Trafford berada di kubangan suam-suam kuku. Di satu sisi, skuad asuhan pelatih David Moyes tertinggal 12 poin dari skuad asuhan pelatih Manuel Pellegrini yang kini bertengger di peringkat ketiga.

Di lain sisi, Wayne Rooney dan kawan-kawan tidak perlu berkecil hati. Mereka baru saja menggelar gembira setelah melaju ke perempat final Liga Champions dan meraih menang 2-0 atas West Ham United, pada Minggu (23/3).

Pasukan "The Red Devils" menyimpan dendam. Mereka siap meletupkan dengan menampilkan laga apik lantaran memori kelabu ketika menelan kekalahan 1-4 di Etihad Stadium, pada September tahun lalu.

Skuad Manchester United (MU) hendak menyibak deret bayang-bayang kelam karena gagal mempertahankan gelar Premier League, luput menggenggam Piala FA dan Piala Liga.

Manchester City tidak ingin kalah angin. Tiga hari lalu, The Citizens melibas Fulham 5-0. Kini, Alvaro Negredo dan kawan-kawan berada di posisi ketiga dengan mengemas 63 poin.

Kedua tim sama-sama sedang terluka. Tim tuan rumah tidak diperkuat oleh Robin van Persie yang harus istirahat selama dua bulan karena mengalami cedera ligamen. MU juga bakal tidak menurunkan sederet pemain sarat berpengalaman, yakni Rio Ferdinand, Chris Smalling, dan Nemanja Vidic.

City diyakini tak diperkuat penyerang Sergio Aguero, pemain tersubur dengan raihan 26 gol, meskipun masih ada Negredo dan Edin Dzeko. Kedua pemain ini terbilang haus gol, masing-masing mereka menjaringkan 23 gol dan 17 gol. Ini jelas-jelas pekerjaan rumah tidak ringan bagi trio barisan pertahanan MU yang digalang Jones, Evans, dan Rafael.

Selain itu, Moyes memosisikan Juan Mata di belakang Wayne Rooney. Dan City tidak ingin langsung kedodoran. Pellegirini bakal menurunkan kapten Vincent Kompany.

Hanya saja, apakah Moyes memainkan secara bersama-sama trio "RMS" dengan personel Rooney, Mata dan Shinji Kagawa? Pertanyaan ini mencuat lantaran Van Persie absen. Ketiga pemain itu terbukti mampu tampil kompak, karena situasi batin yang diperlukan kubu MU, yakni kepercayaan diri sebagai sebuah tim.

Dengan memainkan Marouane Fellaini lebih ke dalam, ketiga pemain itu diharapkan tampil lebih cair. Skema serupa pernah diterapkan Moyes ketika menghadapi City, yang mendorong Yaya Toure lebih ke dalam.

Hanya saja, jika Moyes menempuh langkah pragmatis, maka ia memberi komando kepada anak buahnya agar tampil lebih bertahan dengan mengandalkan skema 4-4-1-1. Dan Pellegrini sedari awal mencium gelagat ini. Ia akan memilih variasi skema 4-4-2.

Pasukan MU juga perlu ekstra mewaspadai penampilan Yaya Toure yang makin hari makin bersinar. Pemain berusia 30 tahun itu disebut-sebut sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa, dan penampilannya bersama City terbilang fenomenal.

Toure mencatatkan rapor positif baik di kubah Premier League maupun di kompetisi Eropa. Ia mencetak 17 gol dalam 34 laga di segala kompetisi, dengan lima assist, menurut catatan WhoScored.com. Ia juga siap memainkan pola bertahan jika memang didaulat Pellegrini.

Data dan fakta kedua tim:
 
Head-to-head
* Manchester City menang empat kali dari lima pertemuan dengan Manchester United, termasuk kemenangan 4-1 di Etihad Stadium pada September.
* City juga meraih kemenangan dari dua laga tandang ke Old Trafford.
 
Manchester United:
* The Red Devils tidak membukukan kemenangan dalam dua laga kandang mereka di ajang Premier League.
* Dalam melakoni laga melawan lima tim besar Premier League musim ini, United hanya menang sekali, ketika melawan Arsenal (sekali imbang lawan Chelsea, dua kali kalah melawan Liverpool, sekali kalah melawan Tottenham dan sekali kalah melawan Everton).
* Wayne Rooney telah menyarangkan lima gol dalam lima laga terakhir di seluruh kompetisi ketika melawan City.
* Danny Welbeck telah mencetak gol dalam tiga laga kandang.    
* Sebagai manajer, David Moyes telah mengantongi 13 kali kemenangan dari 25 laga melawan Manchester City (12 kali ketika membesut Everton, sekali ketika mengarsiteki Preston).     
 
Manchester City
* Pasukan asuhan Manuel Pellegrini tidak kebobolan dalam rentang waktu 418 menit di ajang Premier League. Kemasukan gol ketika menghadapi Chelsea. City kalah 0-1, dengan gol yang dicetak Branislav Ivanovic pada laga yang digelar 3 Februari.
* Yaya Toure telah mencetak sembilan dari 11 golnya dengan memanfaatkan eksekusi bola-bola mati di musim ini (lima dari tendangan penalti, empat dari tendangan bebas).
* City mencatatkan rekok terbaik dari lima laga terakhir, termasuk melawan Liverpool (empat kali menang, sekali imbang).

Komentar dua pelatih:

David Moyes (Manchester United):
"Saya kini punya semangat meraih kemenangan, karena itu yang memang kami dambakan. Saya kecewa ketika kami gagal mewujudkan cita-cita itu. Dengan begitu, kami terus mencoba tiada henti, berusaha dan terus berusaha."

"Pertama-tama, kami perlu melakukan introspeksi terhadap apa yang telah kami jalani selama ini. Yang terpenting, kami perlu tampil lebih kompak sebagai sebuah tim. Kami perlu menemukan penampilan yang lebih konsisten dis setiap pertandingan."

"Kami perlu segera bangkit. Kami perlu meraih kemenangan di setiap pertandingan, buktinya kami mampu tampil baik di ajang Liga Champions."

"Penting bagi kami meraih kemenangan di seluruh pertandingan. Ketika melawan tim-tim yang besar atau tim-tim yang kecil, kami ingin meraih kemenangan. Kami ingin mengalahkan tim-tim besar, dan tim-tim papan bawah."  
 
Manuel Pellegrini (Manchester City):

"Saya tidak berpikir bahwa kami menjadi tim favorit dalam pertandingan ini. Hanya saja kami sedang berada dalam performa terbaik. Tentu saja kami senantiasa berharap meraih kemenangan di setiap pertandingan. Ini bukan semata-mata lawan kami kali ini Manchester United yang sedang menjalani kesulitan."

"Kami harus tampil sangat baik karena bertanding di kandang mereka. Tentu saja pertandingan ini demikian istimewa, utamanya bagi fans mereka yang berharap Manchester United meraih kemenangan. Bagi saya, semua pertandingan berbobot istimewa karena anda dituntut meraih tiga poin."

"Bukan tugas saya menganalisis apa yang dilakukan David Moyes di Manchester United. Saya kira setiap orang sudah paham bahwa mereka sedang melewati masa sulit manakal Alex Ferguson hengkang dari sana. Saya tidak akan melakukan analisis berkaitan dengan apa yang ia akan lakukan."

"Kami sekarang hanya memfokuskan diri ke ajang Premier League. Kami hanya berusaha sekuat tenaga untuk merebut gelar di ajang ini. Kami akan berusaha keras untuk mewujudkan tekad itu."

Prakiraan susunan pemain:

Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang), Evra, Jones, Carrick, Rafael, Fellaini, Fletcher, Welbeck, Mata, Kagawa, Rooney
Pemain cadangan:
Lindegaard, Januzaj, Young, Butner, Nani, Hernandez, Cleverly.

Manchester City (4-2-3-1):
Hart (penjaga gawang), Zabaleta, Kompany, Demichelis, Kolarov, Toure, Fernandinho, Milner, Nasri, Silva, Negredo
Pemain cadangan:
Pantilimon, Rodwell, Jovetic, Navas, Lescott, Clichy, Dzeko

Prediksi hasil laga (Goal.com):  
* Man Utd. 4-0 Manchester City FC (17,83 persen)
* Man Utd. 2-1 Manchester City FC (15,35 persen)
* Man Utd. 1-3 Manchester City FC (10,38 persen)

Head to Head:

England Premier League (EPL):
22 Sep 2013   Manchester City FC 4 - Man Utd. 1     
 8  Apr  2013   Man Utd. 1 - Manchester City FC 2     
 9  Dec 2012   Manchester City FC 2 - Man Utd. 3     
30 Apr  2012   Manchester City FC 1 - Man Utd. 0     

England - FA Cup (FA)
 8 Jan  2012   Manchester City FC 2 - Man Utd. 3     

Lima laga terakhir:
 
Man Utd.
22 Mar 2014   West Ham 0 - Man Utd. 2    EPL
19 Mar 2014   Man Utd. 3 - Olympiakos Piraeus 0    UCL
16 Mar 2014   Man Utd. 0 - Liverpool 3    EPL
  8 Mar 2014   West Bromwich Albion 0 - Man Utd. 3    EPL
25 Feb 2014   Olympiakos Piraeus 2 - Man Utd. 0    UCL

Manchester City  
22 Mar 2014   Manchester City FC 5 - Fulham 0    EPL
15 Mar 2014   Hull 0 - Manchester City FC 2    EPL
12 Mar 2014   FC Barcelona 2 - Manchester City FC 1    UCL
 9  Mar 2014   Manchester City FC 1 - Wigan Athletic 2    FA
 2  Mar 2014   Manchester City FC 3 - Sunderland 1    CCUP

Narasi atas prediksi:
* City bakal tampil ngotot. United bakal meladeni, dengan catatan perlu lebih memperkokoh lini pertahanan. Pellegrini bakal mendaulat pasukannya agar lebih bermain dengan skema serangan yang cepat. City akan memainkan David Silva untuk mendobrak pertahanan United.

* United tentu mendapat suntikan vitamin setelah menerima kekalahan 1-4 di Etihad Stadium pada September lalu. Hanya saja pasukan United sedang berada dalam grafik penampilan yang tidak konstan di bawah arahan Moyes.

* Pertandingan melawan City menjadi laga inspiratif bagi Moyes untuk membuktikan bahwa Old Trafford "masih angker" bagi siapa pun tim yang bertandang ke sana.

* Bagi City, tantangannya lebih sederhana, karena Pellegrini membulatkan tekad dengan meraih penampilan terbaik di ajang Premier League.

Prediksi editor Antaranews.com:
Manchester United: 1
Manchester City: 3   

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014