Denpasar (ANTARA News) - Pulau Bali berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Hari Raya Nyepi, Senin, sebagaimana prakiraan cuaca Badan Metereologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG).

Potensi hujan ringan akan terjadi di kawasan Pura Besakih (Kabupaten Karangasem), Kintamani (Kabupaten Bangli), Ubud (Kabupaten Gianyar), dan Tanah Lot (Kabupaten Tabanan).

Hujan sedang diperkirakan akan terjadi di kawasan perbukitan Bedugul (Kabupaten Tabanan), sedangkan cuaca di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar diperkirakan berawan.

Namun sejak Minggu (30/3) hingga Senin pagi saat umat Hindu menjalani ritual Catur Brata Penyepian, cuaca di Kota Denpasar dan sekitarnya cerah dengan suhu udara rata-rata berkisar antara 24 hingga 33 derajat Celcius.

Ketinggian gelombang di perairan sekitar Bali juga cukup kondusif. Namun dua pelabuhan penyeberangan, yakni Gilimanuk (Bali-Jawa) dan Padangbai (Bali-Lombok), ditutup untuk umum sejak pukul 06.00 Wita hingga Selasa (1/4) pukul 06.00 WITA.

Tinggi gelombang di perairan di sekitar Pantai Sanur, Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, dan Pantai Tanah Lot berkisar antara 0,5 hingga 1,25 meter.

Sejak pukul 06.00 WITA situasi di Bali lengang. Hanya petugas keamanan desa adat atau "pecalang" yang berjaga-jaga di setiap persimpangan jalan atau tempat-tempat strategis lainnya.

"Sejauh ini situasi masih tetap kondusif," kata Ida Bagus Miartha selaku Koordinator Pecalang Dusun Adat Mekarsari, Kota Denpasar.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014