Kami membuka pendaftaran mulai 1 - 10 April 2014 dan dibuka untuk umum, baik mahasiswa maupun masyarakat umum guna mengikuti workshop angkatan pertama,"
Makassar (ANTARA News) - Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Makassar membuka workshop atau pelatihan untuk umum yang berminat mendalami dunia fotografi dan jurnalistik secara reguler.

"Kami membuka pendaftaran mulai 1 -- 10 April 2014 dan dibuka untuk umum, baik mahasiswa maupun masyarakat umum guna mengikuti workshop angkatan pertama," kata Kepala GFJA Makassar Yusran Uccang dalam keterangan persnya di Makassar, Selasa.

Menurutnya, sebagai pelopor berdirinya galeri jurnalistik di Asia Tenggara yang berpusat di Jakarta Pusat tepatnya di Pasar Baru, kini GFJA hadir di Makassar dan mulai membuka workshop fotografi secara reguler.

Program ini, lanjutnya, ditujukan kepada peminat serius fotografi, khususnya foto jurnalistik dengan menggunakan metode pelatihan secara interaktif.

Ia menjelaskan, selain belajar di kelas dan praktek lapangan, siswa juga diajarkan untuk mengkondisikan situasi serta dapat berinteraksi dengan seluruh jaringan komunitas GFJA di Indonesia sehingga jaringan para calon siswa akan lebih luas.

Selain itu, materi workshop disusun dengan komposisi 40 persen teori 60 persen praktik, meliput perencanaan dan peliputan di lapangan, editing dan pencetakan foto, penyusunan portofolio untuk beragam keperluan publikasi serta manajemen pameran.

Bahkan sejumlah mentor berpengalaman dalam dunia fotografi dan jurnalistik juga hadir secara berkala untuk memberikan pengalaman dan pendidikan serta diskusi terhadap peserta. Mentor antara lain Oscar Matuloh, Hermanus Prihatna dan lainnya.

"Kami akan membuka dua kelas yakni Fotografi dan Jurnalistik dan hanya 100 peserta pertama akan diseleksi dan masing-masing 10 peserta dibagi tiap kelas. Calon peserta akan mengikuti beberapa tes seperti portofolio, tes praktek dan wawancara yang diketuai Oscar Matuloh," sebutnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai pewarta Antara Foto ini mengemukakan, bagi peserta yang lulus tes akan mengikuti pendidikan selama enam bulan atau 16 kali pertemuan, selebihnya sharing dan persiapan pameran.

"Untuk biaya pendaftaran kita kenakan Rp100 ribu dan bagi peserta yang lolos untuk mengikuti kelas dikenakan biaya Rp2,5 juta. Bagi yang berminat bisa langsung ke Kantor ANTARA Sulsel jalan Andi Pangeran Pettarani Blok A/30 Makassar," tambahnya. (*)

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014