Pekanbaru (ANTARA News) - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mengklaim bakal memperoleh sebanyak empat dari 65 kursi anggota legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau.

"Kita pastikan mendapat empat kursi untuk DPRD Riau dan itu merupakan suara provinsi tersebut. Saya sendiri, dipastikan akan melenggang ke Pekanbaru," ujar Ketua Hanura Riau Sayed Junaidi di Pekanbaru, Ahad.

Perkiraan empat kursi itu, menurutnya, diperoleh dari pengumpulan formulir rekapitulasi suara atau C1 oleh saksi se-Riau.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Riau, katanya, dengan cepat menginstruksikan agar seluruh daerah melakukan rekap formulir C1 di kabupaten/kota, sehingga gambaran kursi pun sudah terlihat.

"Kita membuat sistem pengiriman cepat formulir C1, sehingga suara dapat cepat kita hitung. Datanya, dari formulir C1 yang kita kumpulkan dari saksi se-Riau," ujar Sayed yang merupakan calon anggota legislatif (caleg) Hanura daerah pemilihan (Dapil) Bengkalis, Dumai, Meranti untuk DPRD Riau.

Selain itu, Sayed mengaku, menang mutlak di Kelurahan Sungai Pakning, Bengkalis, tempat dia dibesarkan. Ia mengatakan, suaranya mengalahkan semua suara caleg yang tak hanya dari partai itu, tetapi caleg-caleg dari partai politik yang lain.

Sayed menambahkan, perjuangannya untuk partai atas pencalonan dirinya untuk meraih kursi di DPRD Riau akhirnya terbalaskan karena ia turun langsung bersosialisasi dan membaur dengan masyarakat ke daerah-daerah pemilihan tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Riau Nurhamin mengatakan proses penghitungan suara tetap mengacu pada hitungan manual yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat lokal sampai dengan pleno yang dilakukan oleh KPU pusat.

"Saat ini penghitungan masih di tingkat panitia pemungutan suara yang berada di kelurahan dengan jadwal 10-15 April. Untuk selanjutnya di panitia pemilu di tingkat kecamatan," katanya.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014