Jakarta (ANTARA News) - Tanggal 4 Mei dirayakan sebagai peringatan cerita fiksi ilmiah Star Wars yang memiliki sebuah kutipan terkenal "May The Force Be With You", termasuk di Indonesia.

Komunitas pecinta Star Wars pertama di Indonesia, Order 66 Indonesia, mengadakan acara peringatan Star Wars Weekend Jakarta 2014 - May The 4th Be With You pada 3--4 Mei di Kuningan City, Jakarta.

Acara yang digelar dua hari ini bertujuan memuaskan para penggemar Star Wars sekaligus memamerkan dan memperkenalkan beragam informasi mengenai kisah ciptaan George Lucas itu pada masyarakat awam.

Riza Satyagraha dari Star Wars Indonesian Troopers Home Base LORD mengatakan bahwa acara ini merupakan kali ketiga diadakan di Indonesia setelah Star Wars Day Jakarta 2013 dan Star Wars Day Bandung 2012.

"Di luar negeri, para penggemar juga melakukan kegiatan serupa pada 4 Mei," ujarnya dalam jumpa media di Jakarta, Sabtu.

Dia berharap acara ini dapat menyegarkan lagi ingatan Star Wars bagi generasi yang tidak asing lagi dengan kisah Luke Skywalker, Princess Leia dan Darth Vader. "Ada konten sejarah Star Wars juga untuk mengedukasi orang-orang yang belum tahu Star Wars, misalnya anak-anak," jelasnya.

Star Wars Weekend Jakarta 2014 terbagi menjadi dua bagian, yaitu pameran dan bazar.

Di bagian pameran, pengunjung dapat melihat-lihat toys photography dari Seno Haryo serta pameran seni 2D dan 3D bertema Star Wars karya dari berbagai seniman lokal, mainan, diorama, props, merchandise, koleksi, dan kostum.

Tidak hanya itu, replika 1:1 monster Rancor dari film Star Wars episode 6 Return of the Jedi buatan Marin (My Tummy Toys) dan Yudi (The Yellow Dino) siap dijadikan objek berfoto para pengunjung. Cosplayer Star Wars pun meramaikan perhelatan ini dan pengunjung dapat bebas berfoto bersama mereka di Star Wars Photo Booth.

Anak-anak pun dapat terpuaskan karena mereka menyediakan area Lego playground serta pameran Lego bertema Star Wars.

Tersedia pula bazar yang menjual beragam pernak pernik mulai bertema Star Wars. Tidak hanya itu, pengunjung dapat membeli lelang mainan langka Star Wars yang diselenggarakan bursa mainan Zerotoys.

Bila tidak puas hanya melihat-lihat pameran, pengunjung dapat menonton kompilasi trailer film Star Wars episode 1--6 juga film buatan penggemar dari seluruh dunia.

Star Wars Games Area juga tersedia dengan permainan seperti pertarungan dengan simulasi lightsaber, sensasi menjadi Rancor, juga Dance ala Star Wars dengan LED layar lebar.

Selain itu, tiga komunitas pecinta pedang Star Wars, yaitu Urban Jedi Bandung, Jaksaber dan Fightsaber Indonesia menampilkan demonstrasi koreografi lightsaber serta workshop bermain pedang bercahaya tersebut.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014