Saya tak akan memanfaatkan Piala Dunia sebagai tempat memamerkan diri saya (kepada van Gaal)
Tokyo (ANTARA News) - Bintang Timnas Jepang Shinji Kagawa menyatakan tak ingin memanfaatkan Piala Dunia 2014 untuk membuat manajer baru Manchester United Louis van Gaal menjadi terkesan padanya, kendati dia dicampakkan oleh mantan manajer David Moyes musim ini.

"Saya kira semua orang tahu saya ingin bermain bagus pada Piala Dunia, dan saya yakin semua orang juga melakukan begitu," kata gelandang serang berusia 25 tahun itu kepada media lokal pekan ini di pusat pelatihan timnas Jepang menjelang debutnya pada turnamen terbesar sepakbola itu.

"Tapi saya tak ingin mencampuradukkan prioritas-prioritas saya di sini, yang penting adalah memenangkan Jepang pada Piala Dunia," kata Kagawa seperti dikutip kantor berita Kyodo.

"Saya tak akan memanfaatkan Piala Dunia sebagai tempat memamerkan diri saya (kepada van Gaal)."

Kagawa, yang dua kali menjuarai Bundesliga bersama Borussia Dortmund, gagal menciptakan satu pun gol pada 30 pertandingan yang dia dimainkan untuk United selama musim keduanya di Old Trafford.

Dia tampil pada 18 pertandingan liga di bawah Moyes yang menggantikan Alex Ferguson pada awal musim 2013-2014.

Penunjukkan van Gaal sebagai pengganti pria Skotlandia yang dipecat itu tidak mengganggu Kagawa yang mengatakan itu tak mengejutkan Setan Merah.

"Kami sudah tahu untuk beberapa waktu dia yang akan menjadi pelatih," kata Kagawa. "Kami tangani dahulu Piala Dunia sehingga saya akan menghadapi itu semua setelah ini berakhir."

Dia akan memimpin skema serangan Samurai Biru bersama dengan pemain AC Milan Keisuke Honda di Brasil bulan depan nanti ketika mereka menghadapi Pantai Gading, Yunani dan Kolombia di Grup C Piala Dunia.

Belum jelas benar apakah kesempatan bertanding Kagawa di United akan meningkat di bawah pelatih Belanda yang terkenal disiplin itu karena dia harus bersaing dengan para gelandang seperti Wayne Rooney, Juan Mata dan Adnan Januzaj.

Bintang Jepang itu mengatakan prospek penampilan pertamanya pada Piala Dunia pertamanya itu telah membantu memotivasi dia selama berada di bangku cadangan United.

"Pasa dasarnya saya ingin tetap melakukan apa yang saya lakukan di Manchester United. Saya yakin saya telah berupaya setelah pertandingan-pertandingan yang tidak saya perkuat. Saya paham bagaimana saya mesti memperbaiki diri," kata dia.

"Saya bisa tetap termotivasi kendati melewati tahun (tidak sering ditampilkan) karena punya Piala Dunia yang dinanti-nantikan," sambung Kagawa seperti dikutip AFP.

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014