Saya kira mengucilkan satu negara (seperti Rusia) adalah tidak mungkin,"
Saint Petersburg (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin, Sabtu, mengatakan bahwa "tidak mungkin" untuk mengucilkan Rusia dari ekonomi global walaupun ada tekanan dari Barat menyangkut krisis di Ukraina.

Ia juga menolak berbicara tentang satu "Perang Dingin baru" antara Moskow dan Barat dan membantah tuduhan bahwa Rusia sedang berusaha menghidupkan kembali kekaisaran Sovyet.

Berbicara kepada wartawan asing di Saint Petersburg, Rusia, Putin menyebut sanksi-sanksi terhadap Rusia "kontra-produktif" dan menegaskan negara itu tidak akan dikeluarkan dari ekonomi internasional.

"Saya kira mengucilkan satu negara (seperti Rusia) adalah tidak mungkin," katanya, dan menambahan bahwa sanksi-sanksi luas "merupakan negatif bagi siapapun dan akan membawa keguncangan seperti itu pada Eeropa,Rusia dan ekonomi global yang jelas siapaun tidak menginginkan ini."

Putin menolak berbicara tentang satu Perang Dingin baru setelah hubungan Rusia-Barat mencapai titik rendah.

"Saya tidak berpikir bahwa ini adalah awal satu Perang Dingin baru,ini tidak ada yang menginginkan itu," kata Putin.

Dan ia mengatakan klaim-klaim Moskow sedang berusaha memulihkan Uni Sovyet adalah bagian dari satu "perang informai" terhadap Rusia.

"Merea sedang berusaha menggantunga label ini kepada kami bahwa kami berniat utuk memulihkan kembali kekaisaran itu, Uni Sovyet untuk membawa siapapun berada dibawah pengaruh kami. Ini sama sekali tidak benar," kata Putin seperti dikutip AFP.

(H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014