Santo Andre, Brasil (ANTARA News) - Pencetak gol legendaris Jerman, Gerd Mueller, mendukung rekan senegaranya dan penyanding nama belakang sama, Thomas Mueller, untuk memecahkan rekor pencetak gol terbanyak putaran final Piala Dunia.

Thomas Mueller (24 tahun) mengemas trigol pertama Piala Dunia 2014 Brasil saat mengantarkan Jerman menghancurkan Portugal 4-0 pada Senin (16/6) yang membuatnya telah mengoleksi delapan gol pada seluruh putaran final Piala Dunia.

Gerd Mueller (68) yang dijuluki Das Bomber, pensiun setelah mencetak gol kemenangan dalam laga pamungkas Piala Dunia 1974, yang membuatnya menjadi pengemas 68 gol dari 62 kali penampilan bersama Jerman Barat (sekarang bergabung dengan Jerman Timur menjadi satu negara, Jerman).

Ia juga mantan pemegang rekor pencetak gol terbanyak putaran final Piala Dunia dengan 14 gol, yang disamai anggota tim Jerman sekarang Miroslav Klose, yang kemudian dilampaui penyerang Brasil Ronaldo saat mencetak gol ke-15 pada edisi 2006 lalu.

"Saya yakin Thomas Mueller pada akhirnya akan memecahkan rekor gol putaran final Piala Dunia karena sedikitnya dia masih memiliki dua atau tiga edisi untuk dijalani," kata Gerd Mueller kepada harian olahraga Jerman, Bild.

Thomas Mueller juga saat ini tengah berada di jalur untuk mempertahankan penghargaan Sepatu Emas, yang ia menangi empat tahun lalu berkat tiga assist-nya dan membantunya melewati tiga pemain pengoleksi lima gol lainnya, selain juga sempat memenangi penghargaan Pemain Muda Terbaik pada edisi Afrika Selatan.

Apabila ia berhasil mempertahankan Sepatu Emas, maka Mueller akan menjadi pemain pertama yang melakukannya sekaligus membuat Jerman menjadi negara pertama yang berturut-turut pemainnya memenangi penghargaan itu, setelah Klose mendapatkannya pada 2006.

"Saya harap ia dapat mempertahankan Sepatu Emas dan saya berdoa untuk dia," kata Gerd Mueller, demikian AFP.



Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014