Jakarta (ANTARA News) - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono bersilaturahim dengan pimpinan lembaga tinggi negara membahas berbagai hal terkait dengan penyelenggaraan pemungutan suara presiden yang akan berlangsung dua hari lagi, yaitu 9 Juli 2014.

Presiden Yudhoyono ketika tiba di Gedung MPR langsung disambut oleh Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto yang juga bertindak sebagai tuan rumah pertemuan tersebut yang digelar di Jakarta, Senin.

Presiden menggunakan baju coklat gelap bercorak batik sedangkan Ketua MPR menggunakan pakaian batik berwarna kuning-coklat cerah keemasan.

Selain Presiden dan Ketua MPR, pertemuan dengan sejumlah lembaga tinggi negara itu yaitu DPD, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Komisi Yudisial itu juga akan dilengkapi dengan acara buka puasa bersama.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto telah menjelaskan bahwa pertemuan kali ini adalah untuk membicarakan penyelenggaraan pemilu presiden agar berlangsung lancar, tertib, jujur, adil, dan tanpa kecurangan.

Pertemuan serupa juga pernah digelar sebelum pemilu legislatif 2014, di mana ketika itu hasil pertemuan menyebutkan imbauan kepada seluruh warga untuk mencoblos dalam Pemilu 2014.

"Diimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya agar Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden berjalan lebih berkualitas dan demokratis," kata Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto kepada wartawan ketika itu di Jakarta, 20 Maret 2014.

Hasil rapat konsultasi tersebut juga menyebutkan Pemilu 2014 harus diyakini sebagai momentum penting untuk dapat mengembangkan kualitas demokrasi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat.

"Tentu, demokrasi yang dimaksud bukanlah demokrasi yang hanya untuk kepentingan pertumbuhan demokrasi semata, tetapi demokrasi yang benar-benar lahir dan bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia," kata Sidarto.

Para pimpinan lembaga negara sepakat bahwa pemilu tahun 1999 dan 2004 relatif demokratis, serta pemilu 2009 berhasil dilaksanakan dengan kualitas lebih baik.

(M040/R010)

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014