Moskow (ANTARA News) - Rusia Jumat melarang semua penganan dari Ukraina, impor terbaru yang akan ditolak di tengah amukan krisis Ukraina.

Badan perlindungan konsumen Rospotrebnadzor mengumumkan telah mengambil langkah setelah pemeriksaan pada dua perusahaan yang mengungkapkan bahwa produk-produk telah diberi label yang salah.

"Dalam rangka untuk memastikan hak-hak konsumen Rostpotrebnadzor ... menangguhkan impor ke dalam wilayah Federasi Rusia atas barang-barang penganan yang diproduksi di Ukraina," kata lembaga itu dalam satu pernyataan.

Langkah ini bukan pertama kalinya Moskow telah lakukan terhadap sektor permen Ukraina. Tahun lalu Rusia melarang cokelat yang diproduksi oleh perusahaan Roshen yang dikendalikan oleh pro-Barat Petro Poroshenko yang terpilih sebagai presiden Mei.

Rusia juga telah melarang berbagai barang lain termasuk produk susu, jus buah dan bir dari Ukraina lebih dari dugaan masalah kualitas.

Kedua negara terkunci dalam perjuangan marah atas pemberontakan berdarah pro-Rusia di Ukraina timur yang Kiev tuduh Moskow mempeloporinya.

Para pengecam menuduh Rusia menggunakan larangan impor sebagai alat politik pada saat terjadi perselisihan.

Rusia telah menghentikan impor berbagai makanan dan produk pertanian dari Barat sebagai balasan langsung atas sanksi-sanksi berat

yang dihantamkan pada Moskow berkaitan krisis Ukraina.
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014