Mesin ekonomi sedang menemukan kesulitan untuk bergerak
Berlin (ANTARA News) - Lembaga ekonomi terkemuka Jerman pada Kamis memangkas proyeksi mereka untuk pertumbuhan tahun ini dan tahun depan serta mengatakan pemerintah perlu meningkatkan belanja untuk mendorong pertumbuhan.

Ekonomi Jerman, terbesar di Eropa, diprediksi akan tumbuh hanya 1,3 persen pada 2014 dan 1,2 persen pada 2015, jauh lebih rendah daripada 1,9 persen dan 2,0 persen yang mereka perkirakan sebelumnya.

"Pertumbuhan ekonomi di Jerman telah terasa mendingin," kata lembaga dalam laporan setengah-tahunan mereka yang banyak dipantau.

"Setelah produk domestik bruto mengalami kontraksi pada kuartal kedua dan kemungkinan mengalami stagnasi pada kuartal ketiga, mesin ekonomi sedang menemukan kesulitan untuk bergerak," kata laporan itu, seperti dilaporkan AFP.

Permintaan dalam negeri lemah, karena memburuknya iklim konsumen dan perusahaan terus mengurangi investasi.

Sementara permintaan luar negeri juga lemah, karena "pertumbuhan lamban di ekonomi global dan melambatnya momentum di kawasan euro," kata lembaga itu.

Bank Sentral Eropa "mencoba yang terbaik untuk merangsang ekonomi zona euro dan suku bunga sangat rendah di Jerman sebagai akibatnya.

"Namun demikian, sejumlah langkah-langkah terbaru tak mungkin memberikan impuls tambahan bagi perekonomian," lembaga itu memperingatkan.

Oleh karena itu, pemerintah harus meningkatkan belanja di sektor publik, para ahli menyakini.

"Di sisi pengeluaran, belanja publik harus ditingkatkan di daerah-daerah yang berpotensi dapat meningkatkan pertumbuhan," kata laporan itu.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014