Bandung (ANTARA News) - Pakar politik Universitas Padjadjaran Bandung Dr Antar Venus menyebut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sosok "problem solver" (pemecah masalah) di bidangnya sehingga memiliki kapasitas menjadi motor penggali potensi kelautan dan perikanan Indonesia .

"Berasal dari daerah nelayan Pangandaran, ia tahu betul potensi kelautan. Seperti beberapa menteri dari kalangan profesional lainnya dia problem solving," kata Antar Venus kepada Antara, Minggu.

Menurut Antar Venus, Perempuan asal Pangandaran, Jawa Barat, ini adalah pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan serta pengusaha penerbangan perintis, di sejumlah daerah di Indonesia khususnya di Indonesia Timur.

Selain itu,  wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 tersebut memiliki komitmen kuat dalam pengembangan kelautan dan perikanan, serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan hidup.

Dalam beberapa kiatnya, Susi merupakan sosok yang berkomitmen kepada perubahan sehingga bisa memberi warna bahkan terobosan di kementerian yang dipimpinnya itu.

Harapan  sama disampaikan oleh tokoh Jawa Barat dan Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Eka Santosa, yang menyebut Susi sosok yang memiliki komitmen kuat terhadap sektor kelautan dan perikanan.

"Ia berkiprah mengembangkan sektor perikanan dan kelautan dari Pangandaran ke tingkat nasional. Saya kenal ia sosok yang punya komitmen," kata Eka Santosa.




Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014