Paris (ANTARA News) - Marseille merestorasi keunggulan empat angka mereka di puncak klasemen Liga Prancis pada Minggu (Senin WIB), dengan menang 2-1 atas Lens di Stade Velodrome meski tampil kurang meyakinkan saat melawan tamunya itu.

Tandukan Nicolas Nkoulou membawa pasukan Marcelo Bielsa unggul lebih awal, namun Lens mampu menyamakan kedudukan melalui Baptiste Guillaume dan memiliki peluang-peluang untuk berbalik unggul, lapor AFP.

Bagaimanapun, Florian Thauvin mengamankan tiga angka melalui gol ketiganya di liga musim ini pada menit ke-60 yang menandai kembalinya Marseille ke jalur kemenangan setelah menelan kekalahan beruntun di liga dan piala, dan mereka mampu mempertahankan keunggulan meski Alaixys Romao mendapat kartu merah.

Dengan 28 angka, Marseille unggul empat angka atas tim peringkat kedua Paris Saint Germain sebelum mereka menghadapi musuh bebuyutannya itu di Parc des Princes pada pertandingan terbesar di sepak bola Prancis Minggu depan.

Hasil positif di ibukota melawan sang juara bertahan akan membuat mereka semakin memantapkan diri untuk menjadi juara, namun Bielsa akan perlu memastikan timnya tampil jauh lebih baik daripada saat melawan jika mereka ingin membawa pulang angka-angka penting dari markas PSG.

Namun demikian, kemenangan merupakan akhir yang bagus bagi pekan yang berat untuk klub pesisir selatan ini, yang sempat menelan kekalahan beruntun di liga saat takluk dari Lyon pada akhir pekan silam dan kemudian tereliminasi dari Piala Liga di markas Rennes sebelum dilaporkan terjadi perkelahian antara Andre-Pierre Gignac dan Brice Dja Djedje di lapangan latihan klub yang menandai terjadi perpecahan di tim.

Bielsa, yang memberi kesempatan bermain yang langka kepada Rod Fanni dan Mario Lemina, melihat timnya unggul sejak awal, seperti yang kerap mereka lakukan pada beberapa kesempatan di musim ini.

Pertandingan baru berlangsung sepuluh menit ketika tendangan sudut dari kanan secara tidak sengaja dibelokkan ke tiang dekat oleh kapten Lens Jerome Le Moigne untuk disundul Nkoulou.

Marseille memenangi semua pertandingan Liga Prancis musim ini saat mereka unggul terlebih dahulu, dan hanya sedikit yang mengantisipasi kebangkitan Lens.

Bagaimanapun, tim asuhan Antoine Kombouare, yang menampilkan enam pemain berusia 22 tahun atau kurang, termasuk empat pemain remaja, tidak menyerah dan Benjamin Bourigeaud membuang peluang untuk mencetak gol sebelum Guillaume menyamakan kedudukan melalui tembakan dari dalam kotak penalti setelah pekerjaan bagus yang ditampilkan Pablo Chavarria.

Bahkan Lens berpeluang berbalik unggul pada awal babak kedua, di mana Wylan Cyprien melepaskan tembakan melambung dan gol Chavarria dianulir karena ia telah berada dalam posisi offside.

Namun Marseille segera mengamankan kemenangan ketika operan Dimitri Payet dikuasai Gignac, pencetak gol terbanyak Liga Prancis itu berbalik menjadi pemberi assist ketika ia meneruskan bola ke belakang untuk dituntaskan Chauvin dengan tembakan yang mengarah ke bagian dalam atas gawang.

Kartu merah yang diterima Romao membuat Marseille harus memainkan 14 menit terakhir dengan sepuluh pemain, dan berarti Bielsa tidak akan dapat memainkannya serta Andre Ayew dan Jeremy Morel saat melawan PSG.

Namun setidaknya mereka memenangi pertandingan, dengan kiper Steve Mandanda melakukan penyelamatan penting untuk menggagalkan peluang Yoann Touzghar pada menit kelima masa tambahan waktu.

Sang juara bertahan bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 di markas Lorient pada Sabtu untuk menjaga start tidak terkalahkan mereka di musim ini, ketika Lyon menduduki peringkat ketiga berkat kemenangan 3-1 di kandang Nice.

Di tempat lain pada Minggu, Bordeuax kembali naik ke peringkat keempat dengan menang 2-1 atas rival lokalnya untuk meraih kemenangan pertama dari empat pertandingan liga, Marc Planus dan Diego Roland masing-masing mencetak satu gol untuk pasukan Willy Sagnol.

Sementara itu, Nantes menorehkan catatan tujuh pertandingan tidak terkalahkan di liga ketika mereka bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 1-1 dengan Rennes pada derby Breton.

(H-RF)

(Uu.SYS/C/H-RF/A/A016) 03-11-2014 05:43:04

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014