Jakarta (ANTARA News) - Pemain Leverkusen asal Korea Selatan Heung-Min Son mempermalukan Zenit 2-1 di kandangnya setelah mencetak dua gol dalam lanjutan Grup C Liga Champions di Stadion Petrovskij, Rabu, (5/11).

Zenit berada diperingkat tiga Grup C dengan empat poin, satu poin di bawah Monaco dan dua poin dengan pemuncak klasemen Leverkusen.

Musim lalu, tim Rusia ini mencapai putaran 16 besar Liga Champions hanya dengan enam poin, total terendah dalam sejarah Liga Champions.

Menit 13 Hulk mengeksekusi tendangan bebas dengan kencang dari kanan. Itu hanya membutuhkan jentikan untuk memasukkan bola ke gawang, tetapi tak ada yang menyambut dan membuat bola keluar lapangan.

Leverkusen menderita kekalahan pertama mereka dalam sembilan pertandingan pada Sabtu lalu ketika dikalahkan 0-1 oleh Hamburger SV di Bundesliga.

Menit 23 Danny bekerja sama dengan Kerzhakov, tetapi dihentikan Toprak.

Rekor keseluruhan Zenit melawan tim Jerman dalam 15 pertandingan, yakni menang lima kali, seri tiga, dan kalah tujuh kali.

Menit 65 Dany kehilangan bola dan pemain Leverkusen menyerang melalui Bellarabi. Dia menunjukkan kecepatan, tetapi dijatuhkan Garay.

Tiga menit kemudian Heung-Min Son membuka angka untuk Leverkusen. Hasil tendangan bebas dari Calhanoglu, dengan Bellarabi berlari dari belakang yang kemudian mengumpan ke Son. Pemain Korea Selatan itu tak menyiakan kesempatan untuk mencetak gol.

Tim tuan rumah kalah empat kali dari tujuh laga kandang mereka melawan pasukan Jerman, yang terbaru dibalikkan 4-2 melawan Dortmund yang berarti mereka harus keluar dari babak 16 besar dengan agregat 5-4 musim lalu.

Menit 73 Son menggandakan kedudukan Leverkusen. Javi Garcia kehilangan bola di tengah dan direbut oleh Kiessling yang memberikan bola kepada Son. Kemudian dengan kaki kirinya bola Son melewati Lodygin.

Kemasukkan dua gol dalam lima menit membuat Villas-Boas menggati dua pemainnya. Alexander Ryazantsev masuk menggantikan Danny. Dan Rondon menggatikan Kerzhakov.

Pergantian itu cukup efektif karena menit 89 pemain pengganti Zenit, Rondon membalas satu gol Son. Rondon bekerja sama dengan Ryazantsev yang mengontrol bola dengan dadanya sebelum mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti setengah voli. Rondon menerimanya dan berhasil melewati Leno.

Namun hingga tiga menit tambahan waktu, Zenit tak bisa menyamakan keunggulan dua gol Leverkusen.

Zenit menguasai 57 persen pertandingan, sementara Leverkusen 43 persen. Dengan total tendangan ke gawang Zenit tiga kali, dan Leverkusen empat kali.

Berikut ini susunan pemain seperti dilansir di uefa.com.

Zenit (4-2-3-1): Lodygin; Anyukov, Garay, Lombaerts, Criscito; Javi Garcia, Witsel; Hulk, Danny (Ryazantsev), Shatov; Kerzhakov (Rondon).

Pelatih: Andre Villas-Boas

Leverkusen (4-2-3-1): Leno; Donati, Toprak, Spahic, Jedvaj (Boenisch); Bender, Calhanoglu; Bellarabi, Brandt (Drmic), Son; Kiessling (Kruse).

Pelatih: Roger Schmidt(*)

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014