... jika ada warga yang memiliki lahan besar, kami siap membeli untuk dijadikan taman interaktif...
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap membeli lahan warga untuk dijadikan taman interaktif, menurut Asisten Sekretaris Bidang Kesejahteraan Masyarakat DKI Jakarta, Bambang Sugiyono, di Jakarta.

"Sesuai permintaan pak gubernur, jika ada warga yang memiliki lahan besar, kami siap membeli untuk dijadikan taman interaktif," kata dia, di Jakarta, Rabu.

Di taman-taman itulah, kata dia, warga DKI Jakarta akan salin berinteraksi secara positif. Kota-kota besar di dunia bisa dipastikan memiliki ruang-ruang publik seperti itu. 

Walau termasuk kota besar dengan populasi padat, Jakarta sangat miskin akan ruang publik seperti itu. Jikapun ada, sulit diakses warga kebanyakan karena biasanya ada di dalam kompleks perumahan elit untuk kalangan berada.

Bukan cuma baik untuk orang dewasa, namun menurut Sugiyono, taman-taman itu juga "akrab" dengan anak-anak, warga senior, penyandang disabilitas. "Taman interaktif itu juga berfungsi sebagai taman bacaan dan olah raga," katanya.

"Semua fasilitas dan aksesibilitas akan diberikan pemerintah, terutama dalam rangka menumbuhkan kesamaan pada kaum disabilitas," kata dia.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014