Jakarta (ANTARA News) - Ada suasana berbeda dalam perayaan Natal warga Indonesia yang berdomisili di Berlin kali ini, di mana sekitar 200 orang yang tergabung dalam Gereja Bethel Indonesia Berlin menggelar ibadah dan perayaan Natal ala Indonesia di Hall ESBZ, Berlin.

"Dari Kolintang hingga Tari Yospan Papua meriahkan natalan warga Indonesia di Berlin," kata Sub Divisi Humas Gereja Bethel Indonesia di Berlin Gunawan melalui surat elektronik yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ibadah dan perayaan Natal yang terbuka untuk umum tersebut mengusung tema “Indonesia Full of Blessings” atau Indonesia pernuh berkah.

Acara dibuka dengan penampilan lagu “Tanah air” yang berlatar video Indonesia dan disertai pengibaran bendera merah putih.

Acara berlangsung meriah dengan lagu-lagu rohani dan natal engan aransemen tradisional yang diiringi oleh tari-tarian nusantara, mulai dari tari Bali, tari dayak, tari Tortor khas Sumatera Utara hingga tari Yospan yang dipersembahkan khusus oleh kelompok pelajar Papua di Jerman.

"Tak ketinggalan juga penampilan Worship Dance Natal, Musik Rap, Drama hingga Alunan Merdu lagu natal dengan alat musik kolintang dari Kelompok Kolintang Minaesa Berlin, semuanya sukses memukau para jemaat dan tamu undangan yang hadir sekaligus sedikit mengobati rasa rindu akan kampung halaman," tulis Gunawan.

Pesan Dubes RI 

Gunawan menuturkan, selain dihadiri oleh para umat kristiani di Berlin, perayaan Natal kali ini juga terasa spesial dengan kehadiran langsung Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman Fauzi Bowo beserta istri.

Hadir pula para pejabat KBRI Berlin, Perwakilan Kelompok Masyarakat Indonesia di Berlin hingga perwakilan gereja–gereja setempat.

Fauzi Bowo dalam sambutannya mengapresiasi tema acara tersebut dan menyampaikan bahwa warga Indonesia di Berlin patut bersyukur bahwa Negara tercinta dilimpahi begitu banyak berkat oleh Tuhan YME hingga dapat terus bertahan hingga hari ini.

Fauzi Bowo juga menekankan pentingnya memiliki rasa persatuan dan kesatuan di antara semua unsur kelompok masyarakat yang ada terutama bagi yang berada di perantauan, seraya tak lupa menyampaikan ucapan selamat natal 2014 dan tahun baru 2015.

Sementara itu, Pdp. Yenny Gunawan selaku gembala GBI Berlin menyampaikan pesan natal dengan tema mempersiapkan umat yang laik bagi Tuhan.

"Ramah- tamah penuh kehangatan dan makan malam bersama dengan menu khas Indonesia di tengah cuaca musim dingin di Kota Berlin menutup rangkaian acara natal ala Indonesia kali ini," tutup Gunawan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014