Pontianak (ANTARA News) - Kepala Bidang Humas Kepolisian Kalimantan Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Nowo Winarti menyatakan dua warga Australia yang sebelumnya dinyatakan hilang dari kapal motornya yang pecah di perairan Penambangan, Kabupaten Kayong Utara, sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

"Kedua suami istri warga Australia itu ditemukan di Pulau Maya dalam keadaan selamat. Kini mereka berada di Pulau Penebang," kata Nowo Winarti saat dihubungi di Pontianak, Jumat.

Nowo menjelaskan dari informasi yang diterima, suami-istri tersebut dalam keadaan selamat. "Hingga kini kami belum mengetahui nama kedua warga Australia tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Basarnas Kalbar Selamet menyatakan pihaknya telah mengevakuasi kapal milik warga negara Australia yang terdampar di perairan Penambangan, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

"Untuk kapalnya sudah kami temukan, namun saat ini kami masih fokus pada proses evakuasi kedua warga negara Australia. Jika memang keduanya selamat maka kita akan mengetahui kemana sebenarnya tujuan mereka sehingga bisa berada di perairan Penebangan tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari Basarnas Pusat untuk melakukan evakuasi dua warga negara Australia yang terdampar bersama kapalnya di perairan Kalbar.

Meski saat itu masih melakukan evakuasi penumpang dan bangkai pesawat AirAsia QZ8501 di perairan Pangkalan Bun, tim Basarnas Pontianak melakukan evakuasi warga negara Australia serta kapal bernama Austratis II yang mengalami kecelakaan.

Pewarta: Andilala
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015