Kalau persiapan perlatan sudah rampung kita kerjakan"
Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memastikan seluruh perlengkapan penanggulangan banjir siap untuk digunakan bertepatan menjelang puncak musim hujan ini.

"Tahun ini kami lebih siap dalam menghadapi banjir karena adanya dukungan personel, peralatan, hingga cadangan kebutuhan," kata Asisten Daerah III Widodo Indrijantoro, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, pihaknya saat ini memiliki 15 perahu karet, tiga unit perlengkapan selam, tandu apung, pelampung, dan lima mesin perahu yang siap dioperasikan sewaktu-waktu diperlukan.

"Kalau persiapan perlatan sudah rampung kita kerjakan," katanya.

Dia mengatakan, meskipun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Bekasi (APBD) 2015 belum dicairkan, tapi buffer stock atau cadangan kebutuhan saat bencana terjadi telah tersedia.

"Buffer stock senilai Rp1 miliar aman, semua sudah siap sedia. Stoknya berupa macam-macam perlengkapan, seperti dapur umum berikut perlengkapannya," katanya.

Dikatakan Widodo, pihaknya dalam waktu dekat juga akan mengoperasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Saat ini personelnya sudah siap tinggal dikukuhkan," katanya.

Menurutnya, Pemkot Bekasi juga telah mempersiapkan diri menghadapi banjir sejak 2014 lalu dengan perbaikan infrastruktur serta pengadaan sejumlah sarana dan prasarana penanggulangan banjir.

"Kita sudah bangun sejumlah rumah pompa di kawasan banjir, perbaikan drainase, pembuatan tandon air, dan lainnya," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015