Meregang ala kucing, kiat hindari nyeri punggung

Jakarta (ANTARA News) - Aktivitas statis seperti duduk berjam-jam di depan komputer berisiko menimbulkan nyeri punggung sehingga perlu ada kegiatan selingan agar tubuh tidak kaku, termasuk "cat stretch" alias meregang seperti kucing.

Menurut instruktur Zumba Laila Munaf, meregang ala kucing merupakan cara meregangkan otot secara natural yang tidak akan berdampak buruk pada tubuh.

"Bila di kantor, caranya dengan menempelkan tangan ke tembok lalu lakukan 'cat stretch'," kata Laila di Jakarta, Selasa.

Dia mengingatkan peregangan yang dilakukan dengan melengkungkan punggung ke belakang dan membusungkan dada tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

"Jangan terlalu dipaksa, tapi lakukan berulang-ulang hingga lima kali," ujar dia.

Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Rumah Sakit Pondok Indah dr. Laura Djuriantina, Sp. KFR menambahkan peregangan adalah salah satu upaya untuk menguatkan otot-otot punggung dan perut demi menghindari nyeri punggung akibat berada dalam posisi yang sama selama berjam-jam.

"Dalam penerbangan jauh dengan pesawat, setelah dua jam dianjurkan jalan-jalan sebentar agar tidak pegal," ujar Laura.

Dia juga mengingatkan untuk tidak memutar pinggang hingga berbunyi "krek", seperti yang biasa dilakukan orang saat ingin menghilangkan pegal.

"Regangan otot berlebihan itu berbahaya, dapat membuat otot tertarik," lanjut dia.

Selain itu, ada pula beberapa olahraga yang dianjurkan untuk penderita nyeri punggung, di antaranya adalah berenang, pilates dan yoga.

"Olahraga yang tidak memiliki gerakan high impact," ujarnya.

Otot-otot seperti di bagian perut dan punggung sudah terlatih kuat melalui olahraga dapat mempermudah seseorang untuk menjaga postur tubuh yang benar. Menjaga berat badan agar tidak obesitas juga penting agar beban tulang belakang tidak berlebihan, kata Laura.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar