Jakarta (ANTARA News) - TNI menyiagakan satu flight yang terdiri atas empat pesawat tempur F-16 serta helikopter dan sejumlah kapal untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berlangsung 15-24 April di Jakarta dan Bandung.

"Di ring luar, seperti di Madiun, Jogja, dan Solo kami siagakan pesawat Sukhoi. Untuk ring satu kami siagakan F-16," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna usai memimpin apel gelar pasukan pengamanan KAA di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu.

Selain pesawat tempur, TNI Angkatan Udara juga menyiagakan Helikopter Super Puma, Pesawat Kolibri, dan Boeing untuk mengangkut para kepala negara yang menghadiri konferensi dari Jakarta ke Bandung.

"Sniper juga kami siagakan di helikopter, untuk menetralisir jalur darat," ujarnya.

Sementara Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi mengatakan TNI Angkatan Laut menyiapkan kapal perang untuk berjaga di wilayah perairan yang bisa menjadi jalan masuknya ancaman seperti di daerah Selat Sunda dan laut Jawa.

"Selain KRI kami juga siapkan kapal korve, kapal patroli, LPD, dan kapal escape. Pasukan katak juga disiagakan sebanyak dua tim," ucapnya.

Ade Supandi menambahkan TNI Angkatan Laut juga menyiapkan 1.200 personel serta helikopter Bell 412 dan satu pesawat intai maritim untuk menjaga wilayah keamanan laut selama pelaksanaan konferensi.

"Mulai hari ini sudah operasi ke pantai selatan," tuturnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015