Cimahi, Jawa Barat (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota Cimahi, Jawa Barat, memprediksi arus lalu lintas di Cimahi akan macet terkena dampak kemacetan di Kota Bandung tempat berlangsungnya peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA), 24 April 2015.

"Karena jarak Cimahi dan Bandung dekat, Cimahi sudah pasti macet," kata Wakil Kepala Polres Cimahi Kompol. Catur Sungkowo usai upacara pemantapan jelang KAA di Cimahi, Senin.

Ia menuturkan, sejumlah jalur di Kota Bandung terutama di pusat kota atau sekitar Gedung Merdeka tempat diselenggarakannya KAA akan dilakukan pengalihan arus.

Menurut dia, selama pengalihan arus itu akan berdampak pada kemacetan di wilayah Cimahi, sehingga perlu diantisipasi untuk meminimalisasi kemacetan.

"Untuk mengantisipasi kemacetan kita melakukan pengamanan di berbagai perbatasan dengan Kota Bandung," katanya.

Selama pengamanan jalan di perbatasan itu, kata Catur, jajarannya akan melakukan tindakan tegas jika ada kendaraan yang mencurigakan.

"Kami hanya mengamankan, tapi kalau ada kendaraan yang mencurigakan akan kami hentikan," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk ikut menjaga situasi keamanan dan ketertiban untuk menyukseskan KAA yang dihadiri oleh sejumlah kepala negara.

"Masyarakat harus ikut membantu mengamankan KAA dengan menjaga keamanan di daerahnya masing-masing," katanya.

Polres Cimahi menerjunkan 350 personel tersebar di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Polres Cimahi akan melakukan pengamanan jalur darat sebagai langkah antisipasi jika delegasi KAA tidak menggunakan jalur udara.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015