Solo (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Polisi Nur Ali memimpin apel operasi pengamanan tamu penting (VVIP) pernikahan putera sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, di halaman parkir Manahan Solo, Sabtu.

Kapolda Jateng selaku wakil ketua operasi pengamanan tamu VVIP sebagai inspektur upacara operasi pengamanan pelaksanaan pernikahan Gigran-Selvi tersebut dan diikuti ribuan personel dari berbagai satuan baik anggota TNI maupun Polri di wilayah eks Keresidenan Surakarta.

Menurut Kapolda Jateng Irjen Pol Nur Ali, pengamanan tamu penting Bapak Presiden Jokowi di Kota Solo, melibatkan sekitar 3.600 personel dari pasukan gabungan Korem, Kondim, dan Polres di Surakarta yang didukung oleh Kodam IV/Diponegoro maupun Polda Jateng.

"Kita back up TNI untuk pengamanan utamanya pusat kegiatan di Gedung Graga Saba Buana dan tempat-tempat lain yang digunakan baik Wakil Presiden maupun Duta Besar, para menteri, tamu-tamu VVIP lainnya," kata Kapolda.

Menurut Kapolda, TNI-Polri sudah mengafer siap melakukan pengamanan pelaksanaan pernikahan putera sulung Presidin Jokowi mulai Sabtu ini hingga Jumat (12/6).

"TNI-Polri sudah siap pengamanan baik terbuka maupun tertutup, di wilayah dimana tamu penting penginap hingga jalur menuju pusat kegiatan di Gedung Graha Saba Buana," kata Kapolda.

Bahkan, tamu-tamu penting bapak Presiden yang akan hadir dilakukan pengawalan sejak tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo menuju ke hotel dan pusat kegiatan Gragan Saba atau selama di Kota Solo.

Menyinggung soal persiapan patroli pengawalan (Patwal) tamu penting, Kapolda menjelaskan akan dilakukan Polres-Polres di eks Keresidenan Surakarta dan diback up oleh Polres lainnya di wilayah Polda Jateng. Patwal semua sudah disiap mengawal tan penting selama di Solo.

Sementara aparat keamanan baik dari TNI yang didukung oleh Polri langsung melakukan pengamanan di sepanjang jalur Bandara Adi Soemarmo menuju Graha Saba Buana Sumber Solo. Karena, Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Solo, Sabtu siang ini.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015