Edmonton (ANTARA News) - Sebuah gol telat yang diciptakan Christine Sinclair dari titik penalti mengantarkan Kanada menang tipis 1-0 dari Tiongkok pada pertandingan pertama Piala Dunia Wanita, Sabtu waktu setempat, di Edmonton, Kanada.

Pelatih Kanada John Herdman sudah bersumpah menjelang pertandingan bahwa hasil apa pun kecuali kemenangan adalah mengecewakan.

Sinclair, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Kanada, membuat penonton yang memadati stadion berkapasitas 53.058 orang terpuaskan ketika dia dengan dingin melangkah untuk melepaskan tendangan ke sudut kanan gawang Tiongkok yang tak bisa dihalau kiper Tiongkok yang sudah melayang menjangkau bola.

Kanada mendominasi sebagian besar masa pertandingan namun tidak bisa menembus tembok pertahanan Tiongkok sampai Adriana Leon dijatuhkan oleh Zhao Rong di kotak penalti. Wasit tak ayal menunjuk titik putih.

Tak ada keraguan mengenai siapa yang seharusnya menjadi pahlawan ketika Sinclair yang memulai debut timnasnya mulai usia 16 tahun itu untuk menciprakan gol ke-154-nya.  Sejak umur itu pula Sinclair menjadi tulung punggung timnas Kanada, demikian Reuters.

  

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015