Solo (ANTARA News) - Anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka menyiapkan beberapa hidangan istimewa pada pesta pernikahannya 11 Juni nanti.

"Nanti akan ada martabak manis markobar 16 rasa, kalau biasanya cuma 11 rasa," kata Gibran di Media Center Solo, Selasa.

Selain markobar, martabak Kota Barat yang punya 11 rasa, makanan tradisional khas Solo lainnya juga akan dihidangkan dalam pernikahan Gibran.

"Untuk tanggal 11 ada menu tradisional mulai dari tengkleng, selat, timlo," kata Gibran, yang akan menikah dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda.

Selain itu akan ada sajian kudapan bernama prawan ayu (gadis cantik) yang terbuat dari umbi-umbian.

Menu makanan pada acara siang dan malam di antaranya meliputi sosis basah daging sapi, prawan ayu, prol koprol, kambing guling, selat segar, tengkleng, dan nasi liwet gunung sahari. Sementara sajian minumannya antara lain gula asem, beras kencur, teh, minuman ringan, dan air mineral.

Gibran menyambangi Media Center Solo dan menjelaskan menu makanan untuk pesta pernikahannya didampingi tiga juru masak dari Chilipari, salah satunya Bejo Utomo.

Bejo mengatakan pemilihan makanan-makanan khas Solo dalam pesta pernikahan itu ditujukan untuk mempromosikan makanan Solo.

"Kita menonjolkan masakan khas Solo. Ini bisa ditonjolkan di dunia internasional, dulu saya punya teman juara 1 dunia karena menonjolkan masakan khas Solo, nasi liwet, tengkleng, dan Selat Solo," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015