Vancouver (ANTARA News) - Juara Olimpiade Amerika Serikat dan Australia maju ke babak 16 Besar Piala Dunia Wanita 2015 dengan memuncaki dua teratas Grup D usai pertandingan terakhir mereka Rabu pagi WIB ini.

Amerika Serikat --juara dunia 1991 dan 1999-- mengalahkan sepuluh pemain Nigeria 1-0 di Vancouver, sedangkan Australia seri 1-1 melawan Swedia di Edmonton.

Kapten Abby Wambach mencetak gol internasional ke-183 dalam karirnya untuk 'Stars and Stripes' guna memastikan runner up 2011 ini memuncaki Grup D di depan penonton BC Place Stadium yang berkapasitas 53.000 orang itu.

Gol Piala Dunia ke-14 Wambach tercipta sebelum babak pertama berakhir setelah memanfatkan tendangan penjuru Megan Rapinoe. Dia kini hanya berselisih satu gol dari bintang Brasil Marta yang sudah mencetak 15 gol.

Nigeria harus bermain tanpa bek Ugo Njoku yang terkena larangan tiga pertandingan karena menyikut wajah gelandang Australia Sam Kerr ketika kedua tim bertemu pekan lalu.

Juara Afrika ini juga kehilangan satu pemain pada 20 menit terakhir setelah bek Sarah Nnodim menerima kartu kuning kedua menyusul pelanggaran terhadap Rapinoe.

Hasil ini membuat AS maju ke babak knockout sebagai juara Grup D dengan mengoleksi tujuh poin, disusul Australia empat poin dan Swedia tiga poin. Nigeria tersisih dari turnamen ini karena hanya mengumpulkan satu poin.

Sebagai juara  Grup D, AS akan menghadapi penempat posisi ketiga terbaik dari Grup B, E atau F di Edmonton Selasa WIB pekan depan.

Hasil laga terakhir ini sudah cukup baik bagi Australia yang maju untuk ketiga kali berturut-turut ke fase ini dan akan menghadapi Brasil di Moncton Senin WIB pekan mendatang.

Kapten Lisa De Vanna mencetak gol pada menit lima, namun sepuluh menit kemudian Swedia yang runner up edisi 2003 menyamakan kedudukan berkat Sofia Jakobsson di Commonwealth Stadium, Edmonton, demikian AS.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015